LAVICA, Obat Rindu WBP Rutan Wonosobo Terhadap Keluarga

LAVICA, Obat Rindu WBP Rutan Wonosobo Terhadap Keluarga

LAVICA (Layanan Video Call).

(rel/rzd)

Senin, 19 Februari 2018 | 14:39

Analisadaily (Jakarta) - Kotak menyerupai mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) itu masih terbuat dari kayu. Kelak, menjadi salah inovasi teknologi sebagai alat LAVICA (Layanan Video Call) yang berfungsi sebagai sarana berkomunikasi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Wonosobo kepada keluarganya.

Tak muluk-muluk, Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi (Latkerpro) Harun Sulianto mengungkapkan, Tim Teknologi Informasi dan Komunikasi Rutan Kelas II B Wonosobo sedang memproses pembuatan mesin menjawab obat kerinduan bagi para WBP kepada keluarganya pada awal maret 2018 mendatang.

Harun menjelaskan sebagaimana disampaikan oleh Nurul Setyo Prihartanto dari Tim Teknologi Informasi dan Komunikasi Rutan Kelas II B Wonosobo, telah dibuat mesin LAVICA untuk memberikan kemudahan sarana komunikasi bagi para WBP kepada keluarganya yang berada di luar kota, ataupun yang tidak sempat berkunjung langsung ke Rutan. Sehingga para WBP dengan keluarganya dapat saling berinteraksi.

“Pada awal Maret akan memberikan LAVICA bagi keluarga warga binaan. Juga akan me-launching secara resmi alat transaksi non tunai di Rutan Kelas II B Wonosobo,” katanya, Senin (19/2).

LAVICA (Layanan Video Call).

LAVICA (Layanan Video Call).

Sebagaimana disampaikan oleh Nurul Setyo Prihartanto kepada Direktur Pembinaan Narapidana dan Latkerpro, pembuatan mesin LAVICA di Rutan Kelas II B Wonosobo adalah pertama kali dilakukan di Rutan se-Indonesia.

“Dengan mesin ini para WBP dapat langsung berkomunikasi, berinteraksi, bahkan saling bertatap muka dengan para keluarganya secara virtual di sebuah monitor perangkat canggih tersedia di mesin,” ucap Nurul.

Lalu bagaimana cara WBP untuk dapat menikmati mesin LAVICA? Nurul mengatakan, para WBP harus mendaftarkan nomor ponsel yang akan digunakan  melakukan video call kepada keluarga melalui Tim Teknologi Informasi dan Komunikasi di Rutan Wonosobo.

“Setelah terdaftar di sistem, nantinya akan dihubungkan ke nomor ponsel keluarga warga binaan, melalui sebuah perangkat khusus yang bernama Anjungan Video Call yang bentuknya menyerupai mesin ATM milik bank,” Nurul menjelaskan.

LAVICA (Layanan Video Call)

LAVICA (Layanan Video Call)

“Pengelola Rutan memang terus berupaya mengembangkan sendiri aplikasi tersebut melalui layanan berbasis Android,” tambahnya.

Kepala Rutan Kelas II B Wonosobo, Akbar Amnur menuturkan, upaya terobosan menyediakan  LAVICA dan alat transaksi non tunai di Rutan Wonosobo untuk mendukung program Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dalam menyelenggarakan pelayanan berbasis teknologi digital di Rutan maupun Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Indonesia.

Walhasil para WBP di dalam Rutan maupun Lapas, kelak akan mendapatkan haknya supaya dapat berinteraksi dengan pihak keluarganya masing-masing. Sedangkan bagi para WBP yang memiliki keluarga di luar kota juga tetap bisa berkomunikasi langsung melalui LAVICA.

“Selain untuk berkomunikasi, perangkat aplikasi tersebut juga memiliki fasilitas untuk mengetahui data, serta informasi registrasi warga binaan secara detail yang terintegrasi langsung dengan data resmi rutan,” tutur ucap Akbar Amnur.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar