Langkah Inovatif Sucofindo Tingkatkan Pelayanan ke Pelanggan

Langkah Inovatif Sucofindo Tingkatkan Pelayanan ke Pelanggan

Kepala Cabang Sucofindo Cabang Medan, Endrizal.

(rel/rzd)

Rabu, 12 Desember 2018 | 16:30

Analisadaily (Medan) - Sucofindo melakukan langkah inovatif dengan memberikan layanan yang lebih bervariasi di tengah perkembangan dunia usaha. Telah 62 tahun lebih Sucofindo memberikan layanan untuk meningkatkan daya saing pelanggan dalam mencapai sustainable business.

“Kita telah mengembangkan dan menawarkan berbagai produk jasa kepada pelanggan dalam bidang jasa inspeksi dan audit, pengujian dan analisa, sertifikasi, konsultasi serta pelatihan,” kata Kepala Cabang Sucofindo Cabang Medan, Endrizal, Rabu (12/12).

Dalam upayanya tersebut, Sucofindo Cabang Medan menyelenggarakan Temu Pelanggan dengan tema Sustainable Bussiness Through Sucofindo’s Customer Experience serta memberikan apresiasi kepada pelanggan, sekaligus mensosialisasikan layanan baru.

“Apresiasi kita berikan kepada pelanggan wilayah Sumatera Utara yang telah bekerja sama secara loyal, bersama-sama berupaya meningkatkan daya saing, dan menciptakan bisnis yang berkelanjutan. Pelanggan tersebut, diantaranya Pelindo 1, Pertamina EP, Permata Hijau Group, Inalum, PLN UIK SBU, dan PTPN IV,” jelasnya.

Endrizal menerangkan, beberapa jasa layanan Sucofindo Medan untuk pelanggan, yaitu sertifikasi sistem manajemen lingkungannya (ISO 14001). Sistem ini bertujuan menyediakan kerangka bagi organisasi untuk melindungi lingkungan dan merespon kondisi lingkungan yang berubah-ubah.

“Juga seimbang dengan kebutuhan sosial ekonomi, dan menentukan persyaratan yang memungkinkan organisasi mencapai hasil yang dimaksud, yang ditetapkan untuk sistem manajemen lingkungannya,” terangnya.

Selanjutnya adalah layanan jasa dalam penerapan industri hijau. Industri hijau ini memiliki tujuan mengutamakan upaya efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya secara berkelanjutan, sehingga mampu menyelaraskan pembangunan industri dengan kelestarian fungsi lingkungan hidup.

“Serta dapat memberi manfaat bagi masyarakat sesuai undang-undang nomor  3 tahun 2014 tentang perindustrian,” ujarnya.

Jasa Baru Sucofindo

Endrizal menuturkan, untuk jasa baru yang dihadirkan Sucofindo adalah dalam penerapan program Corporate Social Responsibility (CSR). Hal ini untuk membantu berbagai industri yang telah menyadari perubahan paradigma pembangunan dari pertumbuhan ekonomi (economic growth) menjadi pembangunan berkelanjutan (sustainable development).

“Dengan menerapkan lima elemen dalam konsep berkelanjutan, seperti ketersediaan dana, misi lingkungan, tanggung jawab sosial, terimplementasi dalam kebijakan, dan memiliki nilai manfaat,” tuturnya.

Diungkapkan Endrizal, terkait penerapan CSR tersebut, maka Sucofindo melaksanakan pelatihan terkait Penerapan ISO 26000 yang akan memberikan pemahaman dan pengertian tentang pedoman dalam melaksanakan kegiatan CSR, yang meliputi hak-hak asasi manusia, praktek ketenagakerjaan, lingkungan, praktek operasi yang adil, isu-isu konsumen, pelibatan dan pengembangan masyarakat.

Jasa baru lainnya adalah jasa audit energi dan sertifikasi sistem manajemen energi (ISO 50001). Kegiatan audit energi ini bertujuan untuk melakukan identifikasi potensi penghematan energi pada pada sistem, fasilitas, area, ataupun proses produksi.

“Hal ini diharapkan dapat membantu pelanggan untuk melakukan efisiensi energi,” ungkap Endrizal.

Dalam kesempatan tersebut, salah satu pelanggan Sucofindo, yaitu Pertamina EP, membagikan pengalamannya menerapkan salah satu dari sistem tersebut dan kerja sama dengan Sucofindo Cabang Medan, sehingga dapat mendukung kinerja mereka.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar