Lahan di Desa Lingga Hendak Ditanam Kopi Oleh Pemilik

Lahan di Desa Lingga Hendak Ditanam Kopi Oleh Pemilik

Pemilik lahan di Desa Lingga, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Verawanta Boru Surbakti.

(jw/rzp)

Selasa, 9 Agustus 2016 | 17:36

Analisadaily (Medan) - Pemilik lahan di Desa Lingga, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Verawanta Boru Surbakti, merasa kecewa dengan opini yang beredar bahwa dirinya disebut ikut campur dalam relokasi pengungsi Sinabung.

"Memang benar saya yang punya tanah, tapi saya tidak tahu menahu soal relokasi pengungsi itu. Tanah saya di daerah Perladangan Desa Rumah Kabanjahe, sebagian masuk di Perladangan Desa Lingga itu saya kapling, dan saya jual belikan kepada siapa yang mau beli. Saya kecewa kenapa orang mengaitkan dengan proyek pembangunan relokasi," kata Verawanta kepada para jurnalis di Jalan Agus Salim, Selasa (9/8).

Dijelaskan Verawanta, dirinya hanya sebagai pemilik lahan lebih kurang seluas 17 sampai 18 hektare yang telah dibelinya dari enam orang pemilik sebelumnya, yang terletak di Desa Rumah Kabanjahe dan Desa Lingga, Tanah Karo.

"Lahan yang saya beli tersebut rencananya untuk tanaman kopi yang akan menjadi usaha keluarga. Namun ketika pengungsi tahu saya punya lahan itu, mereka kemudian berniat membeli lahan saya untuk dijadikan tempat tinggal," jelasnya.

Mengetahui hal tersebut, Verawanta mengaku sempat menjalin komunikasi dengan beberapa pengungsi yang berminat dan sepakat menjual lahan per kapling dengan harga Rp 25 juta untuk dijadikan tempat tinggal.

"Kalau cocok dan ada yang mau, saya jual dengan lahan seluas 5x15 meter per kaplingnya. Mau itu pengungsi atau pun masyarakat umum saya jual," tuturnya.

Sebelumnya, Verawanta selaku pemilik lahan dan pengungsi Sinabung telah berencana melakukan pencabutan nomor pada Sabtu (30/7) lalu. Hal itu dilakukan setelah ada kesepakatan jual beli, namun naas satu hari sebelumnya, tepat Jumat (29/7) malam, kerusuhan di Desa Lingga pecah dan mengakibatkan satu orang tewas.

(jw/rzp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar