Kurangi Risiko Bencana Melalui Program Bank Sampah

Kurangi Risiko Bencana Melalui Program Bank Sampah

FIB USU sosialisasi kepada masyarakat.

(jw/rzp)

Rabu, 16 Mei 2018 | 14:54

Analisadaily (Medan) - Sebagai wilayah pesisir yang berdekatan dengan hilir Sungai Deli, di Kelurahan Belawan Bahari banyak didapati sampah yang terbawa arus air. Hal ini menjadi penyebab tumpukan sampah, sehingga menjadi kotor dan tercemar.

Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia dan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara (FIB USU) melakukan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan. Melalui program Bank Sampah, diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut.

"Kita memberikan beberapa barang untuk mendukung program Bank Sampah di Belawan Bahari, ada tong sampah, drum 200 liter, timbangan dan ada ember juga," Kata salah satu perwakilan dari USU, Muhammad Pujiono, Rabu (16/5).

Dirinya menerangkan, pada kegiatan tersebut diberikan sosialisasi untuk proses pengumpulan, pemilahan dan pengolahan sampah. "Nantinya, masyarakat dapat mengolah sampah tersebut untuk bernilai jual," tambahnya.

Ketua YAFSI, Badriyah, berharap program ini dapat berjalan dengan baik dan lingkungan Belawan Bahari bisa bersih dari sampah. Baginya, ketika berbicara mitigasi bencana, Bank Sampah, merupakan salah satu kegiatan mengurangi risiko bencana.

Diungkapkannya, dalam mengelola program Bank Sampah penting adanya peningkatan kapasitas masyarakat. Nantinya akan ada pertemuan-pertemuan lanjutan untuk menaikkan kapasitas masyarakat, yang pada akhirnya meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat.

"Yang juga pastinya, salah satu cara mewujudkan Kota Medan sebagai Kota Layak Anak (KLA), karena di wilayah Belawan Bahari ini juga banyak anak-anak yang harus kita perhatikan," terang Badriyah.

Hal senada diucapkan Lurah Belawan Bahari, Sonang Saing. Ia mengucapkan terima kasih atas program Bank Sampah tersebut. "Saya berharap masyarakat dapat memaksimalkan program ini sebaik mungkin," tambahnya.

(jw/rzp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar