Kunjungi Museum Negeri, Wagubsu: Perlu Pembenahan

Kunjungi Museum Negeri, Wagubsu: Perlu Pembenahan

Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah, berkunjung ke Museum Negeri Sumatera Utara, Kamis (21/2)

(rzp/csp)

Kamis, 21 Februari 2019 | 21:48

Analisadaily (Medan) - Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata perlu segera melakukan renovasi dan pembenahan Museum Negeri Sumut.

“Memang, ini sudah baik, bahkan pernah dinobatkan menjadi museum terbaik se-Indonesia pada tahun 2015. Tetapi, kita perlu tingkatkan lagi, khususnya koleksi, interior, dan penyajian informasi. Sehingga, lebih menarik dan semakin banyak masyarakat berkunjung,” kata Musa, Kamis (21/2).

Musa menilai, selama ini banyak masyarakat yang beranggapan, museum terkesan membosankan dan kaku. Hal ini menjadi salah satu pengaruh mengurangi minat masyarakat untuk berkunjung ke Museum Negeri Sumut di Jalan HM, Joni di Kota Medan.

Padahal, lanjutnya, museum memiliki peran penting dan strategis untuk mengedukasi masyarakat sekaligus berpotensi menjadi tempat wisata edukasi.

“Nah, untuk itu, kita harus pikirkan inovasi-inovasi agar museum ini hidup lagi. Kalau kita perhatikan di negara maju, bagus-bagus museumnya. Teknologi menuju digitalisasi, interior dan display-nya menarik, kita akan segera mengarah ke sana,” jelas Musa yang akrab disapa Ijeck.

Pada kesempatan itu, ia memberi masukan kepada Kadisbudpar, Hidayati, terkait memperkaya koleksi dari delapan etnis di Sumut, mengubah penyajian informasi menjadi digital.

Ia juga menyarankan supaya memperbanyak kegiatan yang bisa menghidupkan aktivitas museum, misalnya menampilkan model story-telling yang mengisahkan sejarah dan kebudayaan, menambah alternatif  bahasa asing pada papan informasi.

“Semoga Pemprovsu punya anggaran yang cukup untuk merenovasi, memperbaiki, dan membenahi museum ini. Sebelum memulai rencana renovasi, kita ingin ada masterplan secara menyeluruh agar pekerjaannya jangka panjang tidak mengulang-ulang terus,” tuturnya.

Kadisbudpar, Hidayati, mengapresiasi perhatian dan kunjungan Wagubsu ke Museum Negeri Pemprovsu. Saat ini, kata Hidayati, Disbudpar Provinsi Sumut sedang mempersiapkan program Museum Masuk Sekolah.

Hidayati menyebut, tujuan program ini untuk meningkatkan rasa cinta pelajar terhadap museum. “Tadi ada banyak arahan Bapak Wagub, sudah pasti kami siap untuk mengikuti dan melaksanakannya. Salah satunya meningkatkan pemanfaatan digitalisasi untuk menunjang pelayanan dan peningkatan kualitas museum,” tuturnya.

(rzp/csp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar