KPU Sumut dan Bawaslu Ingatkan Pasangan Calon Pilgubsu

KPU Sumut dan Bawaslu Ingatkan Pasangan Calon Pilgubsu

Pengundian nomor urut pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Selasa (13/2). 

(jw/rzd)

Selasa, 13 Februari 2018 | 22:13

Analiadaily (Medan) - Pengundian nomor urut pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara telah usai digelar. Selanjutnya proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak terus berjalan hingga pada pemungutan dan penghitungan suara, 27 Juni 2018.

Namun sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Utara terlebih dahulu mengingatkan para calon yang bertarung di Pilgubsu 2018 nanti.

Komisioner Bawaslu Sumut, Hardi Munthe, menyampaikan tentang beberapa hal terkait peraturan yang tidak boleh dilanggar pasangan calon. Diantaranya pemasangan iklan di media massa, lalu menerima imbalan dari pihak asing dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Kemudian juga money politik yang berlangsung secara terstruktur, massif dan terencana. Jika hal tersebut dilanggar, maka akan dilakukan tindakan diskualifikasi," tegas Hardi, Selasa (13/2).

Ia melanjutkan, kepada pasangan calon yang ingin memasang alat peraga kampanye bisa berkoordinasi langsung dengan KPU Sumut. Karena, APK sudah disediakan oleh Komisi Pemilihan Umum, dan juga telah ditentukan di setiap kabupaten dan kecamatan terkait lokasi pemasangannya.

"Ini disampaikan supaya Pilkada 2018 berjalan bermartabat, jujur, dan taat terhadap aturan main. Selain itu, pelibatan pejabat negara juga harus ada cuti. Tiga hari sebelum kampanye," tambahnya.

Di hadapan seluruh pendukung pasangan calon nomor urut 1, Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah, dan nomor urut 2, Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus, Ketua KPU Provinsi Sumatera Utara, Mulia Banurea menyampaikan, ada 3 hal yang harus ditaati calon.

"Pertama, kejujuran. Kedua, dialogis dan yang ketiga adalah transparansi. Itulah prinsip-prinsip yang kami sampaikan agar ditaati," ucap Mulia Banurea.

Sebelum menutup rapat pleno terbuka pengundian nomor urut pasangan calon di Hotel Grand Mercure, Medan, Mulia juga mengingatkan agar KPU di kabupaten taat azas penyelenggaraan.

(jw/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar