KPU Medan Serahkan Dua Draf Usulan Dapil

KPU Medan Serahkan Dua Draf Usulan Dapil

Ketua KPU Medan, Herdensi Adnin.

(aa/rzp)

Rabu, 28 Februari 2018 | 14:51

Analisadaily (Medan) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan menyerahkan draf usulan perihal daerah pemilihan (Dapil) untuk Pemilihan Legeslatif DPRD Kota Medan pada Pemilu 2019.

"Kita sudah serahkan dua draf usulan Dapil DPRD Medan kepada KPU RI melalui KPU Sumut kemarin," kata Ketua KPU Medan, Herdensi Adnin, kepada Analisadaily.com, Rabu (28/2).

Draf usulan pertama merupakan skema penataan Dapil dari Pileg DPRD Medan 2014 lalu. Sedangkan draf usulan kedua merupakan berdasarkan masukan dari berbagai stake holder.

"Intinya usulan dua draf Dapil (Pileg DPRD Medan) ini semua sudah kita lakukan uji publik. Sehingga kedua usulan ini yang kita berikan kepada KPU RI," sebutnya.

Lebih lanjut Herdensi menambahkan, nantinya KPU RI yang menetapkan draf usulan, mana yang digunakan untuk Pileg DPRD Medan pada Pemilu 2019.

Penataan Alokasi Kursi

Herdensi menyebutkan, alokasi jumlah kursi DPRD Medan tidak berubah, yakni tetap berjumlah 50 kursi. Ini dikarenakan jumlah penduduk Kota Medan masih di bawah tiga juta jiwa.

"Sesuai UU 7/2017, jumlah penduduk dari satu-tiga juta jiwa jumlah kursi DPRD kabupaten/kota yakni 50 kursi. Jumlah penduduk Kota Medan sekitar 2 jutaan jiwa. Jumlah kursi DPRD Medan tetap 50," sebutnya.

Akan tetapi berdasarkan dua draf usulan tersebut, hanya ada perbedaan penataan jumlah kursi dari lima Dapil yang ada di Kota Medan.

Pada draf usulan pertama, penataan kursi Dapil-nya antara lain Dapil I (10 kursi), Dapil II (12), Dapil III (8), Dapil IV (8), dan Dapil V (12).

"Sedangkan draf usulan kedua, Dapil I (11 kursi), Dapil II (10), Dapil III (9), Dapil IV (8), dan Dapil V (12). Intinya dari dua draf usulan itu alokasi kursi DPRD Medan tetap berjumlah 50," tandasnya.

(aa/rzp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar