KPU Medan Sediakan Layanan Konsultasi Dana Kampanye

KPU Medan Sediakan Layanan Konsultasi Dana Kampanye

Kantor KPU Medan

(jw/eal)

Jumat, 14 Desember 2018 | 19:52

Analisadaily (Medan) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan memfasilitasi peserta Pemilu 2019 untuk memahami mekanisme penyusunan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) serta Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) dengan membentuk layanan konsultasi.

Komisioner KPU Kota Medan, Zefrizal, mengatakan bahwa pihaknya telah membuka layanan konsultasi mekanisme penyusunan LPSDK dan LPPDK bagi peserta pemilu sampai dengan 1 Januari 2019.

"Sampai 1 Januari nanti, KPU Kota Medan masih membuka sarana konsultasi bagi peserta pemilu yang ingin berkonsultasi terkait dengan pelaporan dana kampanye atau yang disebut dengan help desk dana kampanye," kata Zefrizal, Jumat (14/13).

Dalam memberikan layanan help desk, KPU Medan telah menyiapkan sejumlah staf bidang hukum untuk memberi layanan setiap hari pada jam kerja di Kantor KPU Medan.

"Sebagai upaya meningkatkan pemahaman penyusunan LPSDK dan LPPDK kepada peserta pemilu dengan menggunakan aplikasi yang disediakan, KPU Medan memilih melakukan pertemuan langsung. Para ketua, sekretaris dan operator partai politik akan diundang untuk mengikuti sosialisasi dan bimbingan teknis penyusunan laporan pada 17 Desember 2018," tuturnya.

Zefrizal menjelaskan bahwa Peraturan KPU Nomor 24/2018 mengatur bahwa laporan awal, laporan penerimaan sumbangan serta laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye merupakan satu kesatuan utuh dari dana kampanye yang wajib dilaporkan oleh peserta pemilu.

"Jika terdapat parpol peserta pemilu yang lalai atau tidak melapor sama sekali, maka akan ada sanksi berupa pembatalan penetapan calon anggota DPRD terpilih. Oleh karena itu, KPU Medan berharap peserta pemilu memanfaatkan fasilitas help desk semaksimal mungkin," pungkasnya.

(jw/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar