KPU Medan Buka Pendaftaran PPK dan PPS

KPU Medan Buka Pendaftaran PPK dan PPS

KPU Medan.

(aa/rzp)

Kamis, 12 Oktober 2017 | 14:03

Analisadaily (Medan) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan membuka rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018.

Komisioner KPU Medan, Agussyah Damanik mengatakan, prosedur rekrutmen PPK dan PPS ini sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 1 Tahun 2017 dan Keputusan KPU Medan Nomor 742/PP.05-Pu/1271/KPU-Kot/X/2017.

"Pendaftaran calon PPK dan PPS dibuka 13 sampai 20 Oktober 2017, dan dapat mengambil formulirnya langsung ke Kantor KPU Medan, Jalan Kejaksaan," kata Agus kepada Analisadaily.com, Kamis (12/10).

Lanjutnya, dasar hukum rekrutmen PPK dan PPS ini merujuk pada Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

"Untuk komposisi, anggota PPK berjumlah 5 orang tiap kecamatan dan jumlah PPS 3 orang tiap kelurahan," tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, adapun sejumlah syarat untuk menjadi calon anggota PPK dan PPS yakni berusia 17 tahun ke atas, minimal tamatan SLTA, berdomisili di wilayah kerja PPK/PPS. Lalu bukan anggota partai politik, dan belum pernah menjabat sebagai anggota PPK dan PPS sebanyak dua kali.

"Sementara untuk berkasnya, yakni fotokopi KTP elektronik, fotokopi ijazah yang dilegalisir, pasfoto terbaru berwarna ukuran 4x6, dan surat keterangan kesehatan dari puskesmas," tandasnya.

(aa/rzp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar