KPPU-Kadin Sosialisasi Pedoman Kepatuhan Persaingan Usaha

KPPU-Kadin Sosialisasi Pedoman Kepatuhan Persaingan Usaha

Foto bersama KPPU dengan pengurus Kadin Sumut

(rzp/eal)

Senin, 19 Juni 2017 | 13:46

Analisadaily (Medan) - Komisi Pemantau Persaingan Usaha (KPPU) bekerjasama dengan Kamar Dagang Industri Sumatera Utara (Kadin Sumut) melaksanakan sosialisasi Pedoman Program Kepatuhan Pelaku Usaha Terhadap Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999.

Kegiatan itu merupakan bentuk implementasi MoU antara KPPU-Kadin tentang kerjasama dalam rangka mewujudkan iklim persaingan usaha yang sehat di lingkungan pelaku usaha yang telah ditandatangani pada tanggal 3 November 2015 di Jakarta.

Dalam acara yang digelar di salah satu hotel di Kota Medan tersebut, hadir Komisioner KPPU, Kamser Lumbanrajda dan Ketua Umum Kadin Sumut, Ivan Iskandar Batubara.

Kamser Lumbanradja mengatakan, dalam rangka mewujudkan iklim persaingan usaha yang sehat sebagaimana diatur dalam UU No. 5 tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. KPPU selain aktif melaksanakan tugasnya dalam hal penegakan hukum persaingan, juga aktif dalam hal pencegahan terjadinya pelanggaran persaingan usaha tidak sehat.

Salah satu upaya yang dilakukan KPPU di bidang pencegahan adalah meningkatkan kepatuhan pelaku usaha terhadap hukum persaingan, melalui keikutsertaan pelaku usaha dalam program kepatuhan persaingan usaha yang diwujudkan dalam bentuk penyusunan pedoman program kepatuhan terhadap UU No. 5 tahun 1999.

"Pedoman ini diharapkan dapat menjadi acuan oleh pelaku usaha dalam menghindari praktik-praktik yang bersinggungan dengan prinsip persaingan usaha yang sehat," kata Kamser, Senin (19/6).

Sementara Ivan Iskandar Batubara, menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut. Diharapkan dengan kegiatan yang akan dilaksanakan secara berkelanjutan, iklim usaha di Sumut dapat menjadi lebih sehat dan kompetitif, sehingga mendorong pertumbuhan perekonomian Sumut.

"Kadin siap menjadi mitra KPPU dalam menciptakan iklim persaingan yang sehat di Sumut. Diharapkan dengan pedoman ini, pelaku usaha di Sumut dapat terhindar dari jeratan penegakan hukum persaingan sebagaimana diatur dalam UU No. 5 tahun 1999," sebut Ivan.

(rzp/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar