KPK: Komitmen Menjalankan MCP di Sumut Sudah 72 Persen

KPK: Komitmen Menjalankan MCP di Sumut Sudah 72 Persen

Ketua KPK, Agus Rahardjo, menandatangani komitmen pencegahan korupsi terintegrasi di Kantor Gubernur Sumatera Utara, Selasa (14/5)

(jw/eal)

Selasa, 14 Mei 2019 | 15:04

Analisadaily (Medan) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai bimbingan teknis Monitoring Center for Prevention (MCP) di Provinsi Sumatera Utara mengalami perkembangan yang sangat signifikan.

Menurut Ketua KPK, Agus Rahardjo, komitmen dalam menjalankan MCP di Sumut sudah mencapai 72%.

"Untuk MCP di Sumatera Utara perkembangan sangat menggembirakan dan komitmen juga sudah ada. Komitmennya sudah 72%," kata Agus Rahardjo usai penandatanganan Komitmen Pencegahan Korupsi Terintegrasi di Kantor Gubernur Sumatera Utara, Jalan Diponegoro, Medan, Selasa (14/5).

Menurut Agus, meski sudah mencapai 72%, namun ada beberapa kabupaten/kota yang masih rendah komitmennya. Hal ini tentu menjadi perhatian tersendiri untuk memperbaikinya.

"Yang rendah ini nanti perlu dibimbing oleh pak gubernur agar semuanya berjalan dengan baik," imbau Agus.

Sementara itu Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, menegaskan dengan adanya komitmen yang dilakukan antara KPK dan Pemprov Sumut, diharapkan bisa memperbaiki inspektorat yang ada di Sumut. 

"Semoga dengan komitmen ini benar-benar bisa menguatkan inspektorat kita agar ini semua bisa berjalan dengan baik. Terkhusus juga bagi adik-adik wartawan ikut serta mengawasi ini semua. Kalau kita mengawasi semua dengan real, InshaAllah akan cepat terselesaikan," tegasnya.

Untuk diketahui, ide Monitoring Center for Prevention (MCP) dilatarbelakangi oleh keinginan untuk membangun suatu kerangka kerja yang dapat digunakan dalam memahami elemen-elemen risiko korupsi berdasarkan sektor, wilayah atau instansi yang rentan terhadap korupsi dan menterjemahkan pemahaman tersebut menjadi gambaran strategis dan prioritas rekomendasi yang akan memberikan arahan bagi upaya pencegahan korupsi.

(jw/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar