KPK Imbau Semua Paslon Kepala Daerah Umumkan LHKPN

KPK Imbau Semua Paslon Kepala Daerah Umumkan LHKPN

Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang.

(jw/rzd)

Selasa, 24 April 2018 | 16:55

Analisadaily (Medan) - Selain pembekalan antikorupsi, KPK juga memanfaatkan momen Pilkada berintegritas 2018 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) untuk memfasilitasi pengumuman Laporan Harta Kekayaan (LHKPN) masing-masing calon kepala daerah Kabupaten/Kota.

Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang mengatakan, tujuan LHKPN itu untuk para calon kepala daerah adalah sebagai sarana pengendalian internal, karena setiap perubahan hartanya harus dilaporkan setiap tahun dan dapat diawasi oleh masyarakat.

"Untuk masyarakat, pengumuman LHKPN ini adalah salah satu penilaian untuk menentukan calon kepala daerahnya," katanya di Kantor Gubsu, Selasa (24/4).

KPK juga mengharapkan partisipasi aktif dari seluruh komponen masyarakat untuk memantau ketaatan para calon kepala daerah dalam mengumumkan kekayaan. Masyarakat juga diharapkan melaporkan kepada KPK jika ditemukan adanya harta calon kepala daerah yang tidak dilaporkan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Masyarakat dapat menilai kejujuran masing-masing calon dengan cara menelaah harta yang sudah dilaporkan dalam LHKPN, atau apakah harta kekayaan yang dilaporkan dalam LHKPN memang benar-benar miliknya," ungkap Saut.

Kegiatan Pilkada Berintegritas 2018 juga dilaksanakan di 14 provinsi lain di Indonesia, Aceh, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Maluku.

(jw/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar