Kopi Arabika Masih jadi Primadona untuk Diekspor

Kopi Arabika Masih jadi Primadona untuk Diekspor

Ilustrasi (Pixabay)

Jumat, 12 Oktober 2018 | 22:31

Analisadaily (Medan) - Kopi jenis arabika masih menjadi primadona untuk diekspor ke beberapa negara. Salah satunya kopi arabika yang berasal dari Sumatera Utara (Sumut).

Ketua Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) Sumut, Saidul Alam mengatakan, kopi Indonesia, terutama jenis arabika masih sangat dibutuhkan karena merupakan kopi yang masih sangat spesial di banding kopi-kopi dari negara lain.

“Untuk mendapatkan cita rasa, mereka harus pakai blend kopi sumatera. Khususnya kopi-kopi arabika Indonesia,” katanya, Jumat (12/10).

Saidul Alam menjelaskan, kopi Indonesia umumnya tumbuh di daerah gunung berapi. Bukan hanya di ketinggian, rata-rata ditanam di daerah vulkano. Hal ini menjadi spesial.

“Untuk pertumbuhan ekspor kopi di Sumut, walaupun ada kenaikan nilai tukar Dolar AS, masih tetap tumbuh stabil,” jelasnya.

Diungkapkannya, peluang pasar kopi saat ini masih cukup besar. Apalagi jika banyak orang yang masih suka ngobrol dan nongkrong sambil ngopi, maka pasar kopi masih besar.

Sementara untuk ekspor kopi di Sumut, dari tahun ke tahun masih tetap yaitu sekitar 60,000 sampai 65.000 ton per tahun.

“Karena bagaimanapun, sebagai eksportir kami memiliki usaha. Apapun bisa dijual untuk menjalankan usaha,” terangnya.

Ketua Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) Sumut, Saidul Alam (paling kiri).

Ketua Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) Sumut, Saidul Alam (paling kiri).

Diakuinya, jika dulu hanya mengekspor mutu satu, sekarang karena stok produk yang berkurang atau banyak produk yang  jelek walau mutu 5 ataupun 6, tetap diekspor juga.

Karena, lanjutnya, negara-negara yang diekspor melihat kopi Indonesia ini sudah terlalu mahal, namun memiliki kualitas yang bagus.

“Jadi ampasnya saja enak, bagaimana pulak mutu bagusnya. Di luar negeri, dari dulu memang mereka agak sedikit menganaktirikan kopi kita, supaya enggak mahal harganya,” tandasnya.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar