Konjen Malaysia Janji Bantu Pembebasan Nelayan Belawan

Konjen Malaysia Janji Bantu Pembebasan Nelayan Belawan

Aksi unju rasa istri dan anak para nelayan di Kantor Konjen Malaysia, Jalan Diponegoro, Medan, Kamis (26/10).

(jw/rzd)

Kamis, 26 Oktober 2017 | 15:59

Analisadaily (Medan) - Menanggapi unjuk rasa yang dilakukan keluarga nelayan, Konsulat Jenderal (Konjen) Malaysia di Medan berjanji akan membantu proses pembebasan nelayan asal Belawan.

Konjen Malaysia di Medan, Salmiah mengatakan, mereka berjanji membantu proses pembebasan nelayan asal Belawan yang ditangkap pihak Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) dengan tudingan melanggar batas perairan.

"Berkaitan dengan surat yang dilampirkan, kita akan perpanjangkan kepada pihak yang berkenaan," katanya yang tertulis pada kertas dan ditandatangani olehnya, selaku Konsul Muda Konsular dan Imigrasi, Kamis (26/10).

Surat tersebut diserahkannya kepada perwakilan pengunjuk rasa yang diterima dalam pertemuan tertutup di dalam Kantor Konjen Malaysia, Jalan Diponegoro, Medan.

Seorang perwakilan pengunjuk rasa, Zulfahri Siagian mengatakan, dalam pertemuan tersebut mereka menyepakati pembebasan para nelayan sebelum November 2017.

"Tadi sudah disepakati, kita berharap pembebasannya dilakukan sebelum akhir Oktober," ucapnya.

Sebelumnya ratusan pengunjuk rasa yang berasal dari istri dan anak nelayan Belawan mendatangi Kantor Konjen Malaysia. Mereka memprotes penangkapan 12 nelayan asal Belawan yang terjadi pada 15 Oktober 2017 lalu. Hingga saat ini mereka belum dibebaskan.

Apabila keluarga mereka tidak dibebaskan, mereka akan melanjutkan aksinya tersebut dengan menginap di Kantor Konsulat Jenderal (Konjen) Malaysia di Medan.

(jw/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar