Komunitas Sepeda Internasional Keliling Alam Samosir

Sabtu, 30 Mei 2015 | 10:31

Samosir, Sumut (ANTARA News) - Komunitas bersepeda dari berbagai negara, Audax International berpetualang mengelilingi alam Pulau Samosir, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, pada 28--29 Mei 2015 dengan jarak tempuh 80 kilometer.

Peserta dari Jerman, Inggris, Kanada, Australia, China, Singapura, Jepang dan Malaysia ini memulai perjalanan dari Bukit Beta, Desa Tuk-tuk Siadong Kecamatan Simanindo nebelusuri jalan berbukitan dan finish di Pantai Indah Situngkir Kecamatan Pangururan.

"Mereka akan menjadi duta di negaranya untuk mempromosikan daerah kita sebagai tujuan wisata," sebut Sekretaris Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya (Parsenibud) Kabupaten Samosir, Amon Sormin, Sabtu.

Amon mengatakan, kegiatan Toba Audax Indonesia ini juga diikuti dari dalam daerah dengan total jumlah 150 peserta memberikan dampak positif pada perekonomian rakyat setempat.

Komunitas ini mengagumi keindahan alam Samosir yang dikelilingi perairan Danau Toba, dan keramah-tamahan masyarakat sehingga tidak lagi merasakan kelelahan.

"Daerah ini sungguh luar biasa indah," kata Francesco Dudo warga Italia, yang berharap infrastruktur jalan, terutama yang rusak untuk dibenahi.

Rosly peserta dari Brunei Darusalam mengaku pertama kali berkunjung ke Samosir berpesan kepada masyarakat agar mendukung program pemerintah setempat.

"Saya akan ajak teman-teman untuk menjelajahi Kabupaten Samosir," kata Rosly.

Bupati Samosir, Mangindar Simbolon mengatakan, pihaknya akan menuntaskan perbaikan jalan ring-road Samosir serta jalan Pangururan-Tele.

"Saya akan meneken surat untuk dikirim ke Dirjen Bina Marga guna perbaikan infrastruktur jalan," kata bupati.

Bupati didampingi Kapolres Samosir, AKBP Eko Suprihanto pejabat dan tokoh masyarakat, memberikan cenderamata berupa ulos kepada perwakilan komunitas Audax International.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar