KNPI Sumut Kutuk Keras Serangan Bom di Surabaya

KNPI Sumut Kutuk Keras Serangan Bom di Surabaya

Ketua KNPI Sumut, Sugiat Santoso.

(rel/rzd)

Senin, 14 Mei 2018 | 12:58

Analisadaily (Medan) - Segala bentuk teror tidak dibenarkan dalam ajaran agama apapun. Untuk itu, aksi-aksi terorisme harus dikutuk dan diberantas sampai ke akar-akarnya.

Hal tersebut ditegaskan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumut, Sugiat Santoso, dalam menyikapi aksi serangan bom bunuh diri yang terjadi di sejumlah lokasi di Surabaya, Jawa Timur.

"Kita (KNPI Sumut) mengutuk keras aksi tidak berperikemanusiaan yang memakan korban jiwa saat saudara-saudara kita sedang melakukan ibadah," kata Sugiat, Senin (14/5).

KNPI Sumut juga mendesak aparat kepolisian dan pihak berwajib lainnya untuk segera mengusut tuntas kasus tersebut, dan menghukum dalang di baliknya.

"Ada upaya yang sistematis untuk menjadikan Indonesia ini seolah rawan aksi terorisme. Dalangnya bisa siapa saja, negara tidak boleh kalah, usut dan hukum dengan berat dalang di baliknya," ungkapnya.

Sugiat juga melihat, ada oknum tertentu yang coba mengarahkan insiden ini sebagai upaya mempertebal ketakutan masyarakat terhadap salah satu golongan.

"Aksi terorisme, dimana pun terjadi, itu tidak ada hubungannya dengan agama atau ajaran tertentu," tegasnya.

Sebaliknya, pihak paling bertanggungjawab adalah aparat negara yang berwenang dalam penindakan atau pencegahan aksi terorisme.

"Presiden Jokowi harus segera mengevaluasi petinggi pihak-pihak keamanan. Instansi yang mereka pimpin itu seharusnya mampu melakukan pencegahan," tandasnya.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar