KM Makmur Jaya Mati Mesin di Tengah Laut, 35 ABK Berhasil Dievakuasi

KM Makmur Jaya Mati Mesin di Tengah Laut, 35 ABK Berhasil Dievakuasi

Tim SAR berhasil mengevakuasi ABK KM Makmur Jaya
 

(jw/rzd)

Senin, 19 Agustus 2019 | 11:59

Analisadaily (Medan) - Kapal Motor (KM) Makmur Jaya yang membawa 35 Anak Buah Kapal (ABK) mengalami mati mesin di Perairan Pulau Lakota, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut). Kapal juga sempat hilang kontak.

Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Medan, Sariman Sitorus mengatakan, hal itu terjadi pada Minggu (18/8) malam. Pihak SAR mendapatkan informasi tersebut sekitar pukul 19.00 WIB.

"Diketahui KM Makmur Jaya jenis pukat cincin mati mesin di sekitar Perairan Pulau Lakota, Kabupaten Tapanuli Tengah, saat akan mencari ikan di perairan Pantai Barat Aceh," katanya, Senin (19/8).

Mendapat informasi tersebut, pihak SAR Medan langsung berkoordinasi dengan pos SAR Sibolga untuk mencari kapal tersebut. Kemudian langsung bergabung dengan Kapal KN SAR Nakula yang berada di Pelabuhan Sibolga.

Personel yang diturunkan sebanyak 13 untuk melaksanakan operasi SAR sekitar pukul 19.25 WIB. Pencarian dilakukan tim SAR melalui titik koordinat yang telah ditentukan.

"Jarak garis lurus dari KN SAR Nakula ke lokasi adalah 42,27 NM, Radial 277,57° dan estimasi jarak tempuh ke lokasi sekitar 4 jam," terang Sariman.

Proses evakuasi (jw)

Proses evakuasi (jw)

Setelah petugas SAR berhasil menemukan kapal tersebut, kemudian kapal yang membawa 35 ABK langsung dievakuasi.  KM Makmur Jaya dievakuasi pada pukul 04.00 WIB.

Sebanyak 28 ABK terlebih dahulu dievakuasi. Sementara sisanya 7 ABK tinggal di KM Makmur Jaya. Nantinya kapal tersebut akan ditarik oleh KM sinar Terang.

"Sekitar pukul 07.15 WIB tadi, KN SAR Nakula telah sandar di PPN sibolga, sekaligus penyerahan ABK KM Makmur Jaya kepada mewakili pihak keluarga dan pihak perusahaan," Sariman menandaskan.

(jw/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar