Kernet Truk Pengangkut 549 Kg Ganja Ditembak

Kernet Truk Pengangkut 549 Kg Ganja Ditembak

Petugas menginterogasi kernet truk pengangkut ratusan kg ganja, Jumat (16/6)

(hpg/eal)

Jumat, 16 Juni 2017 | 08:07

Analisadaily (Langkat) - Personel Sat Reskrim Polres Langkat mengamankan truck intercooler BK 8519 DB bermuatan empat peti papan yang berisi 549 kilogram ganja kering, Kamis (15/6) sekitar pukul 21.30 WIB.

Dalam penangkapan tersebut, salah seorang tersangka bernama Muzakir, terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas karena berusaha kabur dan melawan petugas.

Berdasarkan pengakuan sopir truk, Iskandar (43), warga Gampong Peukan Tuha, Desa Peukan Tuha, Kecamatan Simpang Tiga, Aceh dan Muzakir (30) kernet, warga Glumpang Meunyak, Kabupaten Pidie, ratusan ganja yang mereka bawa itu berasal dari Kuala Simpang, Aceh Timur.

Keterangan yang dihimpun Analisadaily.com, aksi penangkapan berawal dari informasi masyarakat yang melaporkan ada salah satu truk diduga kuat membawa ratusan kilogram narkoba jenis ganja.

Selanjutnya, petugas melakukan sweeping di depan pos lantas Sei Karang, Kelurahan Kwala Bingai, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat dan menyetop setiap kendaraan yang sedang melintas di lokasi razia.

Ketika itu, petugas menghentikan truk tronton yang sedang melintas. Saat salah satu petugas naik ke atas truk untuk memeriksa, pelaku langsung tancap gas dan membuat personel kalang kabut.

Bahkan seorang petugas yang sedang memeriksa di atas truk nyaris jatuh. Beruntung, petugas berhasil berpegangan di atas truk.

Melihat anggota di atas truk, Kasat Reskrim Polres Langkat, AKP Dedi Dharma, langsung melakukan pengejaran. Aksi kejar-kejaran berlangsung hingga masuk wilayah hukum Polsek Binjai persisnya di Simpang Jais, Desa Tandem Hilir, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang.

Truk yang membawa ganja terhenti ketika menabrak truk lain. Saat akan diamankan, salah seorang pelaku coba melarikan diri sehingga petugas melumpuhkannya dengan timah panas.

Selanjutnya, petugas mengamankan truk bermuatan ganja kering tersebut menuju Mapolres Langkat untuk dilakukan pembongkaran dan penghitungan.

Petugas membongkar truk berisi ratusan kg ganja

Petugas membongkar truk berisi ratusan kg ganja

Dalam jumpa pers dengan sejumlah wartawan, Jumat (16/6), Kapolres Langkat, AKBP Dede Rojudin, didampingi Wakapolres Langkat, Kompol Hendrawan dan Kasat Reskrim AKP, Dedi serta Iptu Rudi Saputra, membenarkan peristiwa tersebut dan mengakui kasusnya masih dalam pengembangan.

"Siapa pemilik dan mau dibawa kemana barang ini masih dalam penyelidikan dan pengembangan kita," ujar Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, setelah dilakukan pembongkaran selama beberapa jam terhadap empat peti yang berada di dalam kendaraan tersebut, ditemukan ratusan bal ganja kering siap edar.

"Setelah kita bongkar empat peti dari truk tersebut dan menghitungnya selama lebih kurang dua jam, ditemukan sekitar 549 bal atau 549 kilogram ganja kering," ujar Kapolres Langkat.

(hpg/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar