Kepala SMAN 4 Medan Pastikan UNBK Susulan Berjalan Lancar

Kepala SMAN 4 Medan Pastikan UNBK Susulan Berjalan Lancar

Sejumlah siswa melaksanakan UNBK

(jw/eal)

Sabtu, 6 April 2019 | 19:59

Analisadaily (Medan) - Pasca serangan virus trojan pada server komputer di SMA Negeri 4 Medan yang mengakibatkan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) terkendala, pihak sekolah memastikan ujian susulan akan berjalan lancar.

"InshaAllah saat ujian susulan nanti semuanya berjalan lancar. Karena kami sudah mengantisipasi hal tersebut dengan bantuan tim teknis dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara," kata Kepala SMA Negeri 4 Medan, Ramli, kepada Analisadaily.com, Sabtu (6/4).

Menurut Ramli, ujian susulan yang berlangsung tanggal 15 April 2019 akan diikuti kurang lebih 200 siswa yang terbagi dalam dua sesi.

"200 siswa itu nantinya akan dibagi sesi pertama dan kedua. Mereka akan selalu berkoordinasi dengan panitia UN. Karena pada saat ujian susulan mereka akan dibantu oleh tenaga ahli," ucapnya.

Ramli menjelaskan bahwa untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, pihaknya akan meminta bantuan kepada siswa dan guru agar meminjamkan laptop mereka.

"Pihak sekolah akan meminta bantuan dari siswa dan guru yang memiliki laptop untuk cadangan. Karena pihak sekolah hanya punya satu ruangan komputer," jelasnya.

Seperti diketahui, ratusan siswa SMA Negeri 4 Medan batal mengikuti UNBK akibat server komputer terserang virus, Senin (1/4) kemarin.

Pada sesi pertama seluruh siswa batal mengikuti UNBK. Kemudian sesi II dan sesi III sebagian siswa berhasil mengikuti UNBK. Sementara total keseluruhan siswa yang batal melaksanakan UNBK berjumlah 331 orang.

Tim Help Desk UNBK Provinsi Sumatera Utara kemudian mengidentifikasi gangguan di SMAN 4 Medan. Ternyata server komputer diserang virus trojan dan tim telah memperbaiki server tersebut.

Ratusan siswa itu akan mengikuti UNBK susulan pada 15 April 2019 mendatang dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia.

(jw/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar