Kemeriahan Pawai Obor Asian Para Games 2018 di Medan

Kemeriahan Pawai Obor Asian Para Games 2018 di Medan

Pawai Obor Asian Para Games 2018 di kota Medan, Minggu (23/9).

(jw/rzd)

Minggu, 23 September 2018 | 12:53

Analisadaily (Medan) - Parade pawai obor Asian Para Games 2018 di Kota Medan berlangsung meriah. Ribuan masyarakat antusias menyaksikan atraksi marching band yang mengiringi jalannya kirab lentera api perhelatan olahraga paling bergengsi di Asia.

Kirab Pawai Obor Asian Para Games 2018 dimulai dari Kantor Wali Kota Medan dan diarak keliling Kota Medan dengan rute sepanjang 15 Kilometer, finis di Lapangan Benteng Kota Medan.

Ada 19 pos dilalui. Masing-masing pos terdapat hal menarik saat dilintasi. Seperti pada pos 6. Lentera Api diestafetkan kepada atlet difabel Bahder Johan Harahap yang telah meraih perunggu di PORCANAS 2018 dan medali perak di PERPANAS 2018.

Tak hanya itu, ada juga atlet difabel berprestasi lainnya seperti Zainul Kahfi, Nurmala, serta Mendikbud RI Muhadjir Effendy, Sekmenpora Gatot Dewa Broto, dan pejabat FORKOPIMDA Sumatera Utara.

Terdapat juga hal unik lainya. Kirab Obor Api Abadi pada pos ke-16 saat estafet digenggaman Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, didampingi Sekmenpora, Gatot Dewa Broto, diarak dengan menggunakan puluhan mobil antik Volkswagen tahun 60-an dan 70-an sampai lokasi finis, dan melanjutkan seremonial di Lapangan Benteng.

Sampai di Lapangan Benteng, estafet Lentera Api diserahkan kepada Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, yang mengaku sangat berterima kasih atas kepercayaan INAPGOC, yang menggelar Kirab Pawai Obor Para Asian Games 2018 di Kota Medan.

"Terima kasih kepada pemerintah dan kepada INAPGOC yang memberi kesempatan di Medan ini adalah kehormatan bagi kami. Sebagai bentuk kepedulian dan memberikan semangat kita terhadap saudara kita yang disabilitas meraih prestasi untuk Indonesia," ucap Edy, Minggu (23/9).

Sekjen INAPGOC 2018, Bayu Rahardian, juga mengaku senang dan sangat mengapresiasi atas sambutan kemeriahan dari masyarakat dan Pemerintah Kota Medan dan Sumatera Utara.

"Kami sangat bangga dan mengapresiasi kepada semua pihak yang terkait dan terlibat atas penyelenggaraan Kirab Pawai Obor ini. Kami mohon doa restu untuk Asian Para Games 2018 berjalan dengan sukses," ucap Bayu.

Parade Kirab obor Asian Para Games 2018 ini juga diikuti oleh Rombongan 17 Altet Sumatera Utara yang akan berlaga. Medan adalah kota ke-6 dari rangkaian pawai obor yang diselenggarakan sebagai acara pembuka kampanye 30 hari menjelang perhelatan Asian Para Games 2018 yang akan diselenggarakan pada tanggal 6-13 Oktober 2018 di Jakarta.

(jw/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar