Kemensos Berikan Bantuan Sejahtera dan Bantuan Pangan

Kemensos Berikan Bantuan Sejahtera dan Bantuan Pangan

Menteri Sosial Idrus Marham menyerahkan bantuan kepada korban erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo pada Jumat (23/2) kemarin.

(jw/csp)

Sabtu, 24 Februari 2018 | 15:08

Analisadaily (Medan) - Kementrian Sosial memiliki Penerapan Standar Operasional setiap terjadi bencana. Protap itu merupakan bentuk respons cepat dari pemerintah termasuk pendirian dapur umum di lokasi pengungsian.

Hal itu dikatakan Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI, Harry Hikmat bersama Menteri Sosial Idrus Marham saat meninjau pengungsi korban erupsi Sinabung, Kabupaten Karo pada Jumat (23/2) kemarin.

"Biasanya langkah yang kita ambil, satu ini instruksi Bapak Presiden Joko Widodo. Pastikan siapapun yang kena dampak sebuah bencana, pastikan semua bisa makan. Jangan sampai tidak ada yang terurusi makannya," ucapnya.

Selain bantuan dana sebesar Rp 3 miliar lebih, Kementerian Sosial juga memberikan bantuan Beras Sejahtera dan Bantuan Pangan Non Tunai sebesar Rp 25.6 miliar lebih untuk 6 bulan yang lalu dan 6 bulan yang akan datang.

Sebelumnya, Pemerintah telah memberikan bantuan sebesar Rp 76.4 miliar rupiah lebih sejak tahun 2014. Bantuan tersebut terdiri dari Bantuan Jaminan Hidup sebesar Rp 10.7 miliar lebih. Bantuan Isi Hunian Tetap (HUNTAP) sebesar Rp 3.1 miliar.

Bantuan Santunan bagi Ahli waris korban yang meninggal sebesar Rp 250 juta. Bantuan Buffer Stock berupa bantuan makanan, keperluan keluarga, tenda sebesar Rp6,1 miliar. Bantuan Beras sebesar Rp5,06 miliar.

“Bantuan Sosial lainnya seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan non Tunai (BPNT), paket sembako dan program penanggulangan bencana sosial sebesar Rp 51.19 milliar," ungkap Harry Hikmat.

(jw/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar