Kemendikbud Kirim Surat Penutupan TK JIS Senin

Kemendikbud Kirim Surat Penutupan TK JIS Senin

(dtc)

Sabtu, 19 April 2014 | 15:55

detikNews - Jakarta, Pihak Ditjen PAUD akan mengirim surat penutupan TK JIS menyusul sekolah tersebut tidak memiliki izin. Hal ini terbongkar akibat kasus sodomi siswa JIS.

"Saya merekomendasikan Pak Menteri (JIS) untuk ditutup sementara. Senin akan memberikan surat untuk menutup TK tersebut sementara sampai memenuhi persyaratannya," ujar Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Kemendikbud, Lidya Freyani.

Lidya mengatakan itu dalam jumpa pers bersama pengacara korban OC Kaligis, kedua ortu korban, pakar Psikologi Forensik, Reza Indragiri Amriel, dan Sekjen KPAI Elfrida di Griya Dewantara, Jl RS Fatmawati No 16-18 Jaksel, Sabtu (19/4/2014).

Lidya menilai, TK JIS belum memenuhi standar. Pihaknya ingin melihat riwayat pendidik JIS dan kurikulum JIS. Menurutnya, sekolah internasional seperti JIS juga tidak boleh menggunakan kurikulum asing.

"Jadi kami ingin tutup sementara supaya anak-anak juga bisa lebih tenang dan proses hukum bisa berjalan," katanya.

Lidya menuturkan, JIS merupakan sekolah internasional. Mereka harus memenuhi syarat 30 persen anak Indonesia boleh sekolah di sana, pendidik 30 persen orang Indonesia dan tenaga pendidik 80 persen orang Indonesia.

"Saya mau kunjung ke sana untuk menunjukkan draft tapi mereka menunda. Entah sampai kapan. Kita tidak boleh berkunjung ke sana (JIS). Kalau begitu JIS datang dong ke Kemendikbud untuk berkumpul bersama. Tapi JIS kembali tidak datang," tuturnya.

Lidya menambahkan, tidak ada berkas JIS yang masuk ke Ditjen PAUD.

"Jadi kasus ini adalah pintu masuk pembenahan dari sekolah-sekolah internasional. Mereka harus memenuhi kaidah-kaidah. Yang pasti JIS juga harus memiliki nomor induk sekolah internasional," ucap dia. (nik/asp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar