Kedai Kita Permudah Masyarakat Dapatkan Kebutuhan Pokok

Kedai Kita Permudah Masyarakat Dapatkan Kebutuhan Pokok

Peresmian gerai Kedai Kita di Pasar Kampung Lalang, Jalan Kelambir V, Kelurahan Cinta Damai, Kecamatan Kampung Lalang, Kamis (1/8).

(rel/rzd)

Kamis, 1 Agustus 2019 | 21:58

Analisadaily (Medan) - Kehadiran Kedai Kita di Kota Medan harus mampu membantu pemerintah untuk menjaga stabilitas harga pangan di Medan.‎ Sebab ketersediaan pangan sangat dibutuhkan, karena merupakan kebutuhan pokok yang‎ tidak bisa dipisahkan dari manusia.

"Selain itu, kehadiran Kedai Kita juga diharap bisa membantu masyarakat mendapatkan harga pangan yang lebih stabil dan terjangkau, serta mempermudah masyarakat mendapatkannya," kata Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, diwakili Asisten Umum (Asmum), Renward Parapat, usai secara simbolis meresmikan gerai Kedai Kita di Pasar Kampung Lalang, Jalan Kelambir V, Kelurahan Cinta Damai, Kecamatan Kampung Lalang, Kamis (1/8).

Menurut mantan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Medan tersebut,‎ ke depan Kedai Kita juga bisa dirasakan masyarakat di pasar lain yang ingin membeli bahan kebutuhan pokok.‎

"Sebagai grosir dan eceran sembako, Kedai Kita mengemban tanggung jawab tidak mudah. Pasti Ada pihak yang coba merayu agar melakukan tindakan yang salah, misalnya mengajak menimbun bahan pokok dengan tujuan menaikkan harga. Ini harus diantisipasi sebab ada sanksi yang berlaku," ucap Renward.

"Pemko Medan meminta, jagalah amanah ini. Dengan demikian usaha yang dijalankan bisa membawa keberkahan," sambungnya.

Kasatgas Pangan Sumut, Kombes Pol Roni Samtama menegaskan,‎ sembako sering jadi 'mainan', terutama dekati hari libur nasional. Karena itu, Kedai Kita diminta membantu agar itu tidak terjadi. Apalagi, Kota‎ Medan merupakan barometer inflasi nasional.

"Kehadiran Kedai Kita dinilai sangat bagus karena berkeinginan menjual harga di dalam harga eceran tertinggi (HET). ‎Jaga niat Kedai Kita yang ingin menjual harga dalam HET. Kami mendukung untuk memberikan harga yang terjangkau bagi masyarakat dan dan pedagang tingkat bawah," pesannya.

Direktur Reserse dan Kriminal Khusus‎ (Dir Reskrimsus) Polda Sumut tersebut juga meminta agar segera merealisasikan Kedai Kita di semua pasar di Kota Medan, bahkan di Sumut.

"Kalau ada di semua pasar di Medan, tentu bermanfaat bagi pemerintah untuk mengendalikan harga pangan," bilangnya.

Direktur Kedai Kita, Sudarto Sitepu menguraikan, usaha ini sudah berbentuk perusahaan terbatas (PT) dengan nama Kedai Kita Simalem. Dia memastikan, kehadiran mereka tidak akan mematikan pasar-pasar yang ada di bawah pengelolaan Perusahaan Dasar (PD) Pasar Kota Medan.‎

Selain itu, didukung unsur terkait juga siap menjaga stabilitas pangan, khususnya sembako. Sebab,‎ Pemko Medan juga butuh perusahaan untuk menjaga keberlangsungan pedagang kecil.

"Melalui kerja sama kita‎ dengan PD Pasar, kami siap memberikan yang terbaik untuk memajukan pedagang kecil di bawah naungan PD Pasar," janjinya.

Di kesempatan sama, Direktur Utama (Dirut) PD Pasar, Rusdi Sinuraya, menyambut baik dan mendukung Kedai Kita.

"Apalagi jika bisa membantu‎ stabilitas pangan," ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan itu, sejumlah Kadis Kota Medan, Pemprovsu, anggota DPRD Kota Medan terpilih, Habiburrahman Sinuraya, Badan Pengawas Pasar Kota Medan, serta para pedagang di Pasar Kampung Lalang.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar