Kawal Pembangunan Batubara, Gemkara Siapkan Kekuatan Pendukung

Kawal Pembangunan Batubara, Gemkara Siapkan Kekuatan Pendukung

PB GEMKARA usai melaksanakan rapat pengurus

(hers/eal)

Jumat, 22 November 2019 | 17:48

Analisadaily (Batubara) - Pengurus Besar Gerakan Masyarakat Menuju Kesejahteraan Batubara (PB Gemkara) menyiapkan kekuatan untuk mendukung dan mengawal pembangunan di Kabupaten Batubara.

"Saat ini Pemkab Batubara sedang menyiapkan program dan kebijakan untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan dibutuhkan dukungan konkrit dari seluruh elemen masyarakat," kata Ketua Umum PB Gemkara, Khairul Muslim, didampingi Sekretaris Umum, Syarkowi Hamid, Jumat (22/11).

Menurutnya Gemkara sudah terkonsolidasi dengan terbentuknya pengurus di 12 Divisi/Kecamatan se-Kabupaten Batubara. Inilah kekuatan Gemkara untuk mendukung dan mengawal jalannya pemerintahan dan pembangunan Batubara.

Khairul menyebut dukungan Gemkara antara lain, mewujudkan terciptanya situasi kondusif bagi kelancaran pelaksanaan pembangunan, mendukung keberhasilan program pembangunan antara lain  di bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

"Dukungan juga bisa dalam wujud mengkritisi namun kritikan bersifat konstruktif dan solutif. Tidak cenderung membully yang bertendensius mengusik pribadi aparat dan bupati," sambungnya.

"Kita mesti menjaga peradaban di Batubara. Bila ingin menyampaikan kritikan hendaknya mempertimbangkan cara penyampaiannya secara bijak. Apakah kritikan disampaikan benar-benar menyentuh substansi," imbaunya.

Wartawan senior ini mengharapkan pemberitaan media (online dan off-line) juga mesti berpedoman pada Undang-Undang 40/1999 tentang Pers. Disitu sudah cukup jelas bagaimana seorang wartawan membuat berita.

Ada beberapa program kerja PB Gemkara yang sudah disiapkan untuk mendukung percepatan pembangunan Batubara. Diantaranya mendirikan Perseroan Terbatas (PT), Yayasan, Perusahaan Media Online, Lembaga Adat dan Koperasi untuk peningkatan kesejahteraan anggota Gemkara.

Gemkara juga memberi masukan dan pemikiran kepada Bupati Batubara terkait proses seleksi jabatan OPD di Batubara yang saat ini dalam proses lelang.

Selain peserta lelang yang mesti memenuhi regulasi, kompetensi, kualitas dan kemampuan, Gemkara memandang perlu diberi porsi putra daerah. Gemkara memang telah mendorong dan menyiapkan sejumlah kader untuk mengikuti proses lelang jabatan Pemkab Batubara.

"Kita yakin ada kearifan pak Bupati dalam hal ini," sebutnya

Gemkara juga sudah menyiapkan sejumlah usaha bisnis ril yang bermitra dengan BUMD Batubara dan swasta lainnya.

Terkait program kebijakan pemerintah Batubara saat ini, Gemkara tetap memback-up karena sesuai visi-misi Zahir-Oky. Hanya saja dia mohon kepada masyarakat agar bersabar karena dalam setahun ini Zahir terus memaksimalkan realisasi program yang didukung TBUPP. Termasuk telah menyiapkan aparatnya (OPD) untuk mengisi jabatan yang masih lowong.

"Pada momentum hari lahir Kabupaten Batubara, mari sama-sama kita perkuat kebersamaan, persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat," tukas Wakil Ketua PWI Sumut itu.

(hers/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar