Kasus Suap di DPRD Sumut, Sopar Siburian Kembalikan Uang

Kasus Suap di DPRD Sumut, Sopar Siburian Kembalikan Uang

Juru bicara KPK, Febri Diansyah saat memberikan keterangan, Senin (5/11) (Foto: Twitter KPK)

(rel/csp)

Senin, 5 November 2018 | 21:17

Analisadaily (Jakarta) – Tersangka kasus suap di Dewan Perwakilan Daerah Sumatera Utara, Sopar Siburian telah mengembalikan uang sebesar Rp 202.500.000 kepada penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Juru bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, pengembalian itu sekaligus menambah jumlah uang yang sudah diterima dari beberapa anggota DPRD Sumut dalam penyidikan.

“Total pengembalian uang sebesar Rp 7.656.500.000 dari sejumlah anggota DPRD Prov. Sumut. Uang tersebut disita dalam proses penyidikan dan akan masuk sebagai bagian dari proses pembuktian di persidangan,” kata Febri, Senin (5/11).

Febri menambahkan, pengembalian uang dan sikap kooperatif tentu akan pertimbangkan sebagai faktor yang meringankan. “Meskipun, pengembalian tidak menghapus dipidananya seseorang,” ujarnya.

Sebelumnya, Sopar Siburian (SSN) telah mengajukan diri sebagai Justice Collaborator pada Penyidik. Pengajuan sedang dalam proses pertimbangan.

“Pada dasaranya KPK menghargai pengajuan tersebut, karena yang bersangkutan selama proses hukum ini cukup kooperatif dan telah mengembalikan uang yang diduga pernah ia terima,” tambah Febri.

(rel/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar