Kasus Kebakaran Pabrik Mancis, Polisi Serahkan SPDP 3 Tersangka ke Kejari Binjai

Kasus Kebakaran Pabrik Mancis, Polisi Serahkan SPDP 3 Tersangka ke Kejari Binjai

Tiga tersangka kebakaran pabrik mancis.

(jw/rzd)

Sabtu, 29 Juni 2019 | 12:40

Analisadaily Medan) – Pihak kepolisian telah menyerahkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Binjai terkait kasus kebakaran pabrik mancis menewaskan 30 orang di Jalan Tengku Amir Hamzah, Dusun IV, Desa Sambirejo, Kecamatan Binjai, Langkat.

Kapolres Binjai, AKBP Nugroho Tri Nuryanto mengatakan, SPDP terhadap tiga tersangka, Burhan (manajer operasional), Lismawarni (manajer personalia), dan Indramawan (direktur utama), diserahkan ke Kejaksaan Negeri Binjai pada Rabu (26/6).

“Saat ini ketiga tersangka masih ditahan di Polres Binjai guna menjalani pemeriksaan. Ini kasus besar. Dan untuk SPDP sudah kita serahkan ke Kejari Banjai," katanya, Sabtu (29/6).

Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Kejari Binjai, Erwin Nasution membenarkan adanya penyerahan SPDP dari Polres Binjai. Tiga berkas SPDP tersebut yakni nomor: K/154/VI/2019 dengan tersangka IM (69), nomor: K/155/VI/2019 tersangkanya BH (37) dan LM (43) dengan nomor: K/156/VI/2019 dengan tersangkanya LM (43).

“Dengan adanya SPDP tersebut, Kejari Binjai sudah membentuk tim untuk memantau perkembangan penyidikan,” sebutnya.

Terkait dengan pasal yang dikenakan terhadap para tersangka, tidak hanya pasal 359 KUHP tentang kealpaan yang menyebabkan kematian, tetapi juga dilapis dengan UU ketenagakerjaan dan lainnya.

“Pasal berbeda-beda sesuai dengan keterlibatan dalam kasus kebakaran tersebut, atau posisi mereka dalam Perusahaan Kiat Unggul,” ungkapnya.

Peristiwa tersebut terjadi pada Jumat (21/6) sekitar pukul 12.00 WIB. Pabrik mancis di Jalan Tengku Amir Hamzah, Dusun IV, Desa Sambirejo, Kecamatan Binjai, Langkat, terbakar dan 30 orang meninggal dunia, 6 di antara korban adalah anak-anak, sisanya perempuan pekerja pabrik.

(jw/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar