Karya Foto Mahasiswa UINSU Mendapat Apresiasi

Karya Foto Mahasiswa UINSU Mendapat Apresiasi

Pameran foto bertema 'Human Interest' di Kampus 2 Univeristas Islam Negeri Sumatera Utara, Kamis (18/7)

(rzp/csp)

Kamis, 18 Juli 2019 | 21:04

Analisadaily (Medan) - Puluhan karya foto mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara dapat apresiasi dari civitas akademi kampus. Karya itu terpajang pada pameran 'Human Interest' di Kampus 2 UINSU.

Dekan FIS, Prof Dr Ahmad Qorib, berharapa agar kegiatan pameran foto ini bisa mendatangkan manfaat, terutama bagi mahasiswa yang mengikuti mata kuliah jurnalistik.

"Fotografi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari jurnalistik. Pameran foto ini sangat penting dalam menunjang prodi komunikasi, terutama dalam bidang Jurnalistik," ucap Prof Ahmad saat membuka kegiatan, Kamis (18/7).

Jurnalistik harus dilengkapi dengan dokumen, dan dokumen yang baik adalah foto yang menggambarkan sesuatu hingga menimbulkan daya tarik. "Kami harap, semoga pameran ini mendatangkan manfaat, terutama yang mengikuti mata kuliah fotografi," ujarnya.

Ahmad juga mengaku senang dengan karya yang dipamerkan. Menurutnya, hasil karya mahasiswa mampu menggambarkan kondisi sosial kemasyarakatan saat ini.

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, Dr Hasan Sazali MA, juga mengapresiasi kegiatan ini dengan harapan ke depan bisa melakukan pameran foto lebih besar lagi.

"Selain mata kuliah Fotografi kemarin juga sudah mengadakan workshop sinematografi dan sudah memproduksi beberapa film dan kami akan mengadakan festival film seperti pameran foto ini juga," sebutnya.

"Jadi, hari ini pameran foto ini awal mulanya, dan kita berharap untuk Prodi Ilmu Komunikasi kedepannya kita dapat lakukan pameran foto lebih besar dari ini," harapnya.

Selain bertujuan untuk memenuhi tugas Ujian Akhir Semester mata kuliah fotografi, pameran ini juga bertujuan sebagai pengembangan dari mata kuliah fotografi agar teori-teori yang diajarkan bisa dipraktekkan.

Salah satu dosen pengampu mata kuliah Fotografi, Fakhrur Rozi, M.I.Kom mengatakan, tujuan utama pameran jelas untuk evaluasi pembelajaran, setelah sebelumnya mahasiswa juga mengikuti workshop dan praktek lapangan bersama dosen lainnya yang juga fotografer senior, Tarmizy Harva, M.I.Kom.

"Kemudian ini juga sebagai pengembangan dari mata kuliah Fotografi itu sendiri. Kami berusaha supaya teori-teori itu bisa dipraktekkan dengan pameran seperti ini," ungkapnya.

Adapun pengambilan tema Human Interest ini, dikarenakan ini merupakan pameran yang pertama kali bagi mahasiswa semester IV, sehingga tema Human Interest terbilang tema yang mudah diaplikasikan.

Rahil Fauzan selaku mahasiswa sekaligus koordinator pameran ini juga turut menyampaikan harapannya. Mengambil tema Human Interest dikarenakan, menurut mereka cocok dan mudah untuk mahasiswa lainnya.

"Harapan saya bagi mahasiswa khususnya Ilmu Komunikasi agar mereka lebih termotivasi untuk mengadakan pameran-pameran foto dan jangan tidak ada yang datang ke pameran itu," tandasnya.

(rzp/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar