Kapolri Ingatkan Imbas Kisruh Politik ke Ekonomi dan Konflik Sosial

Kapolri Ingatkan Imbas Kisruh Politik ke Ekonomi dan Konflik Sosial

(dtc)

Kamis, 9 Oktober 2014 | 10:23

detikNews - Jakarta, Kapolri Jenderal Sutarman menyinggung dampak politik pasca Pemilihan Presiden terhadap perkembangan ekonomi Indonesia. Lebih jauh, hal itu juga berdampak terhadap kehidupan sosial di masyarakat yang kemudian menjadi tanggung jawab kepolisian. Apa analisa kepolisian?

"Setiap kebijakan politik akan berdampak pada pasar modal. Kalau pasar modal seperti itu ekonominya terus melemah, akan berpengaruh terhadap pengangguran," kata Jenderal Sutarman, di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (9/10/2014).

Pengganguran tentu akan berdampak pada kehidupan sosial. Eksesnya pun mau tidak mau menjadi tanggung jawab kepolisian, mulai dari preventif, preemtif, dan juga penegakan hukum bagi pelanggar hukum.

"Jadi begitu hebatnya dampak kebijakan politik terhadap ekonomi, sosial, keamanan, dan sebagainya, dan Polri harus mempunyai kemampuan intelijen yang jeli untuk terus memantau dampak bukan hanya keputusan politik, tapi juga pemerintahan bahkan keputusan peradilan termasuk peradilan MK, yang berkait dengan masalah-masalah Pilkada ini sangat luar biasa," beber Kapolri.

Oleh sebab itu, pekan depan Kapolri akan memberikan briefing terhadap para Kapolda dan Kapolres guna melaksanakan pengamanan wilayah masing-masing , khususnya menjelang akhir tahun dan pelantikan presiden. (ahy)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar