Kapolda: Kelompok Teroris yang Melakukan Bom Bunuh Diri Berlatih di Karo

Kapolda: Kelompok Teroris yang Melakukan Bom Bunuh Diri Berlatih di Karo

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol. Agus Andrianto

(jw/eal)

Senin, 18 November 2019 | 10:58

Analisadaily (Medan) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara, Irjen Pol. Agus Andrianto, mengatakan aksi bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan dilakukan oleh kelompok teroris yang sebelumnya berlatih di Kabupaten Karo.

"Sebelumnya mereka ada pelatihan juga di daerah Tanah Karo. Artinya mereka sudah berlatih," kata Agus di RS Bhayangkara Medan, Senin (18/11).

Agus menjelaskan persiapan kelompok tersebut dapat dilihat dari barang bukti senjata yang disita dari para tersangka.

"Saya rasa kelompok ini sudah mempersiapkannya karena dari racikan bahan peledak dan temuan bahan-bahan yang low eksplosif dari beberapa TKP. Kemudian mereka juga ada senjata api rakitan, ada senjata tajam, ada panah dan ada senapan angin," jelasnya.

Menurutnya dengan latihan yang terlebih dahulu dilakukan, para pelaku bisa menjalankan aksinya dimana saja dengan sasaran siapa saja.

"Bisa siapa saja sasaran mereka, bisa tempat ibadah orang muslim, tempat agama lain, fasilitas umum dan pemerintah. Ini menjadi trik untuk menyatakan mereka ‎ada disini," ungkapnya.

Dalam peristiwa bom bunuh diri yang dilakukan Rabbial Muslim Nasution alias Dedek (24) di Mapolrestabes Medan, Rabu (13/11) pagi, Densus 88 Anti Teror, Polda Sumut dan jajarannya telah mengamankan 23 tersangka.

(jw/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar