Kanwil DJP Sumut II Catat Pertumbuhan Penerimaan 11.47 Persen

Kanwil DJP Sumut II Catat Pertumbuhan Penerimaan 11.47 Persen

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatera Utara II

(rzp/csp)

Selasa, 13 November 2018 | 18:10

Analisadaily (Pematangsiantar) - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatera Utara II hingga triwulan III tahun 2018 mencatat realisasi penerimaan pajak sebesar Rp 3.341 triliun atau tumbuh sebesar 11.47 persen dibandingkan dengan realisasi penerimaan periode yang sama tahun lalu.

Kepala Kanwil DJP II Sumut, Tri Bowo menjelaskan, hal itu menunjukkan adanya peningkatan persentase pertumbuhan penerimaan pajak jika dibanding tahun 2017 lalu. Realisasi penerimaan hingga triwulan III tahun 2018 mencatat persentase sebesar 55.18 persen dari target penerimaan Kanwil DJP Sumut II sebesar Rp 6.054 triliun.

"Realisasi penerimaan hingga triwulan III ini juga mencatat pertumbuhan yang cukup memuaskan jika kita melihat pertumbuhan penerimaan berjenis pajak yang terdiri dari PPh, PPN dan Pajak atas Penjualan Barang Mewah (PPnBM), PBB dan Pajak lainnya," kata Tri Bowo dalam keterangan tertulis diperoleh Analisadaily.com, Selasa (13/11).

Dijelaskan, realisasi Pajak Penghasilan (PPh) sebesar Rp 1,801 triliun dengan persentase pencapaian sebesar 61.96 persen atau tumbuh sebesar 29 persen.

Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan PPnBM Rp 1.249 triliun dengan persentase pencapaian sebesar 45.50 persen (pertumbuhan -14.79 persen), Pajak Bumi dan Bangunan Rp 228 miliar dengan persentase pencapaian 73.20 persen atau tumbuh 33.23 persen.

"Pajak Lainnya sebesar Rp 62 miliar dengan persentase pencapaian sebesar 69.14 persen atau tumbuh sebesar 66.69 persen," jelasnya.

Dengan pencapaian penerimaan dan pertumbuhan yang cukup baik ini, Kanwil DJP Sumatera Utara II senantiasa terus bekerja keras dan bersinergi untuk melakukan upaya-upaya atau langkah-langkah konkret dalam rangka pengamanan penerimaan pajak tahun 2018 sesuai yang telah ditargetkan.

"Pengawasan yang handal dan pelayanan yang profesional pun terus digalakkan. Pelaksanaan kewajiban perpajakan dan penerapan ketentutan perpajakan yang berlaku pun terus dimantapkan," ucap Tri Bowo.

Diungkapkannya, Kanwil DJP Sumatera Utara II akan terus melakukan koordinasi dengan pihak internal ataupun ekternal dalam rangka mengumpulkan data-data terkait perpajakan untuk digunakan dalam penggalian potensi perpajakan, sehingga di 3 (tiga) bulan terakhir tahun ini pencapaian penerimaan dapat dikejar.

"Oleh karena itu, kita perlu melakukan imbauan secara intensifikasi dan ekstensifikasi secara menyeluruh terhadap seluruh wajib pajak supaya segera memenuhi kewajiban perpajakannya dengan jujur dan terbuka," ungkapnya.

Tri Bowo menerangkan, pencapaian target itu tidak mudah, namun sebesar apapun yang ditargetkan akan dapat dicapai dengan konsistensi dan militansi para pegawai yang bertugas baik di kantor ataupun di lapangan dalam rangka menggali potensi perpajakan yang ada, terutama pada Seksi Pengawasan dan Konsultasi dan Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan di KPP-KPP yang berada di lingkungan Kanwil DJP Sumatera Utara II.

"Untuk mewujudkan hal itu sangat diperlukan semangat dan etos kerja yang tinggi dari seluruh pegawai di lingkungan Kanwil DJP Sumatera Utara II, mengingat masih banyak tugas-tugas dan pekerjaan yang harus dilaksanakan dan diselesaikan, dengan harapan penerimaan tahun 2018 Kanwil DJP Sumatera Utara II dapat mencapai 100 persen," terangnya.

(rzp/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar