Kantor Pemerintahan Di Asahan Akan Dijadikan KTR

Kantor Pemerintahan Di Asahan Akan Dijadikan KTR

Elemen masyarakat berkeinginan Asahan memiliki Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

(aln/rzp)

Jumat, 19 Mei 2017 | 12:28

Analisadaily (Asahan) - Pemkab Asahan akan menjadikan kantor pemerintahan sebagai Kawasan Tanpa Rokok (KTR) bersama enam lokasi lainnya. Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan bersama Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara serta elemen lapisan masyarakat akan melakukan advokasi kebijakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“KTR ini nantinya akan dituangkan dalam bentuk regulasi berupa peraturan bupati,” kata Kepala Dinas Kesehatan Asahan, dr Aris Yudhariansyah dalam acara Pertemuan Advokasi Kebijakan PHBS Lintas Program dan Lintas Sektoral, Jumat (19/5).

Tentunya KTR tersebut, kata Aris, bertujuan untuk memberikan ruang serta lingkungan yang bersih dan sehat bagi masyarakat, guna melindungi kesehatan masyarakat secara umum dari dampak buruk merokok dan menciptakan lingkungan yang sehat.

“Kita ingin masyarakat di lingkungan kita sehat dan bebas dari asap rokok,” ungkapnya pula.

Selain menetapkan KTR, dalam regulasi itu nantinya juga disiapkan tempat khusus merokok, sehingga tempatnya terpisah. “Tempat merokok akan diberikan beberapa fasilitas seperti asbak, tempat pembuang puntung rokok, dilengkapi alat penghisap udara atau memiliki sirkulasi udara dan tetap dipasang informasi bahaya merokok,” ucapnya.

Dalam pertemuan advokasi tersebut dirangkai dengan pemberian materi dari Dinas Kesehatan Provinsi dan Kepala Dinas Kesehatan Asahan serta menandatangani komitmen PHBS yang dilakukan sejumlah perwakilan lembaga dan masyarakat.

Adapun rencana KTR yakni perkantoran Pemerintah Asahan, tempat pelayanan kesehatan, tempat proses belajar mengajar, tempat bermain anak, tempat beribadah, tempat kerja dan tempat umum.

(aln/rzp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar