KAI Sumut Pastikan Pelaksanaan Angkutan Lebaran 2019 Berjalan Sukses

KAI Sumut Pastikan Pelaksanaan Angkutan Lebaran 2019 Berjalan Sukses

Penumpang kereta api.

(rel/rzd)

Rabu, 19 Juni 2019 | 16:28

Analisadaily (Medan) – Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumatera Utara (Sumut) memastikan pelaksanaan angkutan Lebaran 2019 berjalan sukses. Dari segi keamanan, tingkat gangguan keamanan dan ketertiban dalam perjalanan terjadi 4 kali pelemparan.

“Walaupun tidak ada korban jiwa akibat pelemparan, namun kerugian dialami KAI Sumut akibat pecahnya kaca pintu bordes kereta,” kata Manager Humas KAI Divre I Sumut, M. Ilud. Siregar, Rabu (19/6).

Kejadian itu membuat KAI Sumut kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga ketertiban, keamanan, dan keselamatan penyelenggaraan perkeretaapian sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 Pasal 173.

Masyarakat juga diminta melaporkan jika melihat orang yang melakukan tindak pelemparan terhadap kereta api, karena keselamatan perjalanan transportasi umum merupakan tanggung jawab bersama.

Bagi pelaku pelemparan, sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 Pasal 180 dan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Pasal 194 (1) dapat terancam hukuman pidana jika terbukti melakukan pelemparan kereta api.

“Untuk kejadian barang hilang milik penumpang nihil, dan barang penumpang yang ketinggalan sebanyak 2 kejadian. Sudah dikembalikan ke para penumpang dengan nilai yang terbesar logam emas seberat 5 gram dan uang tunai Rp 500.000,” jelasnya.

Ilud mengungkapkan, pelaksanaan angkutan Lebaran 2019 di KAI Sumut dengan moda kereta api kembali sukses seperti tahun-tahun sebelumnya. Atas kelancaran penyelenggaraan angkutan Lebaran, pihaknya menyampaikan apresiasi kepada pengguna jasa kereta api atas kepercayaannya menggunakan kereta api.

“Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, TNI, POLRI, serta anggota komunitas pecinta kereta api yang telah mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan angkutan Lebaran 2019 mengucapkan terima kasih,” ungkapnya.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar