Kadishub Medan: Banyak Bus Lakukan Pelanggaran

Kadishub Medan: Banyak Bus Lakukan Pelanggaran

Petugas Dishub melakukan pengecekan bus angkutan lebaran di Terminal Pinang Baris, Medan, Senin (11/6)

(aa/csp)

Senin, 11 Juni 2018 | 16:34

Analisadaily (Medan) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan terus melakukan monitoring terhadap dua terminal angkutan jalan di Kota Medan yakni Terminal Amplas dan Pinang Baris, selama arus mudik lebaran tahun 2018.

Kadishub Kota Medan, Renward Parapat saat ditemui di Terminal Pinang Baris, Medan, Senin (11/6), mengatakan, sejak H-7 sampai H-4 lebaran ini banyak bus-bus angkutan lebaran yang didapati melakukan pelanggaran.

"Dari hasil pemeriksaan memang ada beberapa kendaraan angkutan lebaran yang melakukan pelanggaran. Namun, sebagainya besar hanya pelanggaran kecil seperti administrasi atau berkas," katanya.

Selain itu, lanjut Renward, pihaknya juga menemukan beberapa bus yang kondisi fisiknya kurang layak dipergunakan sebagai angkutan lebaran.

"Kita juga menemukan bus kacanya pecah atau tidak layak jalan sehingga kami minta kepada PO (Perusahaan Otobus) untuk mengganti busnya," ungkapnya.

Positif Narkoba

Selama masa lebaran pihaknya bersama Dinas Kesehatan dan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara telah mendirikan posko lebaran di dua terminal.

"Dan, sejauh ini kita menemukan dua orang kernet bus yang positif narkoba setelah melakukan tes urine. Keduanya kita temukan di  Terminal Pinang Baris," sebutnya.

"Atas penemuan itu langsung dilakukan tindakan assessment oleh BNNP Sumut dan kepada pihak PO kita instruksikan langsung untuk menganti kernet," tambahnya.

Renward menjelaskan, kegitan ini diharapkan bisa meminimalisir terjadinya angka kecelakaan selama perjalanan mudik lebaran, terutama akibat human eror. “Agar angkutan umum bisa sampai tujuan dengan selamat dan aman," pungkasnya.

(aa/csp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar