Juan Utama Tularkan Inspirasi Leadership & Entrepreneurship Kepada Ribuan Mahasiswa

Juan Utama Tularkan Inspirasi Leadership & Entrepreneurship Kepada Ribuan Mahasiswa

Juan Utama Batubara dalam seminar nasional di Gedung Selecta Ballroom Medan

(rel/eal)

Rabu, 14 Februari 2018 | 11:20

Analisadaily (Medan) - Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Prima Indonesia (UNPRI) menggelar seminar nasional ke-IX dalam tema 'Sociopreneurship In Global Society' di Gedung Selecta Ballroom Medan.

Tiga pengusaha sukses dihadirkan untuk memberi motivasi kepada ribuan mahasiswa agar menjadi entrepreneur yang mampu menciptakan lapangan kerja meski masih berstatus mahasiswa.

Ketiga pengusaha sukses itu adalah Founder & CEO Allco Pomade, Juan Utama Batubara, motivator muda Indonesia yang juga merupakan Presiden Mahasiswa Unimed serta Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi Universitas Negeri Medan (HIPMI PT Unimed).

Kemudian Founder & CEO SIMHA Group, Haidhar Wurjanto, yang memulai usaha sejak duduk di bangku SMA, dan motivator ternama sekaligus Co-Founder & Managing Director MaknaCreative Lab, Keenan Pearce.

Seminar tersebut juga dihadiri perwakilan Kopertis Wilayah I Medan, Pembina Yayasan Perguruan Tinggi Prima Indonesia Dr. dr. I Nyoman E.L M.Kes, AIFM, Ketua BPH UNPRI Dr. Tommy Leonard, SH, M.Kn dan Penasehat UNPRI Dr. RE Nainggolan.

Selain itu, turut hadir Rektor UNPRI Dr. Chrismis Novalinda Ginting, M.Kes, Wakil Rektor I Seno Aji, S.Pd. M.Eng, Prac, Wakil Rektor II Dr. Ermi Girsang, SKM, M.Kes, Direktur Sekolah Pasca Sarjana UNPRI Dr. Azharuddin, SH, M.Kn, Dekan FE UNPRI Cut Fitri Rostina SE MM, Wakil Dekan FE Hendry SE MM, para dekan, tamu undangan dan seluruh mahasiswa FE UNPRI.

Juan Utama Batubara yang menjadi pembicara utama dalam seminar tersebut mengajak seluruh mahasiswa agar menjadi wirausahawan sejak duduk di bangku kuliah, karena lebih nikmat dan asyik jika memiliki penghasilan sendiri dan bisa membantu orang lain.

"Usia muda adalah masa sebaik-baiknya menjadi wirausaha. Kenapa? Karena di usia muda akan lebih berani mengambil risiko dibandingkan yang sudah berumah tangga. Dan momentum kuliah adalah momentum sekali dalam seumur hidup dan teman-teman mahasiswa bisa dijadikan peluang untuk menjadi konsumen yang akan membeli produk kita," ajaknya.

Juan juga memberikan motivasi kepada mahasiswa UNPRI dengan menceritakan awal mula dirinya berbisnis minyak rambut Pomade. Meski sempat mendapatkan ejekan dan komentar yang menjatuhkan dari teman maupun keluarga, tetapi dirinya tetap maju dengan penuh keyakinan dan strategi yang dijalankannya.

Di hadapan ribuan peserta, Juan menceritakan betapa pentingnya peran generasi milenial serta pengalaman dirinya yang memulai karier sebagai aktivis kampus sejak semester pertama dan karier wirausaha sejak kecil hingga bisa menjadi presiden mahasiswa.

Juan mengatakan, dulu ketika masih menjadi mahasiswa baru di Unimed, dirinya bukanlah siapa-siapa, hanya seorang pedagang susu keliling di sekitar kampus.

"Saya dulu hanya pedagang susu, berjualan di sekitar jurusan. Namun karena kesungguhan dan keyakinan saya, akhirnya kini bisa mandiri secara finansial dengan usaha yang sekarang," ujar Juan kepada Analisadaily.com, Rabu (14/2).

Dia pun menceritakan suka duka dan peluang rintisannya yang jatuh bangun namun tetap optimis hingga akhirnya Allco Group mulai merambah ke sektor fashion.

Setelah sukses dengan Allco Pomade yang ia gagas bersama timnya, Juan kini sibuk mendidikasikan dirinya untuk menjadi pelatih bagi anak-anak muda yang ingin berbisnis. Dia pun mendirikan kantor yang bergerak di bidang pelatihan di bawah naungan Allco Group.

Juan Utama Batubara menerima penghargaan dari panitia

Juan Utama Batubara menerima penghargaan dari panitia

Dekan FE UNPRI, Cut Fitri Rostina, dalam sambutannya mengatakan, seminar nasional FE UNPRI ke-IX tahun 2018 ini bertujuan antara lain untuk meningkatkan kepedulian tentang pentingnya memiliki jiwa wirausaha sejak usia muda, memberi motivasi dan beberapa kiat menjadi wirausaha muda yang kreatif dan energik.

Cut juga menyampaikan rasa bangga atas kehadiran orang nomor satu di tataran mahasiswa Unimed tersebut.

Sementara Wakil Dekan FE UNPRI, Hendry mengatakan, gerakan kemandirian seperti yang digalang Juan Utama ini dimasa depan sangat diperlukan.

Melihat animo peserta, kegiatan berlangsung meriah. Tak kurang dari 2000 peserta hadir memenuhi Ballroom Selecta Hotel Medan, Sabtu (10/2) kemarin.

"Antusias peserta pun sangat banyak yang berdatangan hingga memenuhi Ballroom Selecta Hotel Medan. Total peserta mencapai 2000 lebih dan 100 tamu undangan yang hadir. Peserta juga begitu antusias ketika mas Juan menyampaikan materi dengan full energik," tegas Hendry.

Sementara Hariyo, mahasiswa semester 8 FE UNPRI, mengaku sangat termotivasi setelah mengikuti materi yang disampaikan Juan.

"Saya merasa ingin jadi orang yang lebih baik dan menjadi pemimpin serta pengusaha yang berpengaruh. Ilmu yang diberikan Mas Juan akan saya praktikkan setelah semua rencana tersusun jelas," ujar Hariyo.

(rel/eal)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar