Jokowi dan Ma’ruf Amin Dilantik Sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024

Jokowi dan Ma’ruf Amin Dilantik Sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, dan Wakil Presiden, Ma'ruf Amin (Ist)

(rel/rzd)

Minggu, 20 Oktober 2019 | 17:16

Analisadaily (Jakarta) - Joko Widodo atau Jokowi dan Ma’ruf Amin resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2014. Jokowi dan Ma’ruf Amin diambil sumpahnya di Gedung DPR/MPR di Jakarta, Minggu (20/10).

Keduanya membacakan sumpah jabatan disaksikan Ketua Mahkamah Agung, Hatta Ali. Setelah pembacaan sumpah jabatan, keduanya menandatangani berita acara pelantikan yang juga ditandatangani oleh seluruh pimpinan MPR.

“Demi Allah saya bersumpah akan mememuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya,” kata Jokowi membacakan sumpah jabatan.

“Memegang teguh undang-undang dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” lanjut Jokowi.   

Dilansir dari Antaranews.com, prosesi acara disaksikan jajaran MPR, para menteri Kabinet Kerja I, para kepala lembaga negara, serta tamu undangan, yang juga dihadiri oleh berbagai kepala negara tetangga serta utusan kepala negara lain.

Jokowi dan Ma’ruf Amin menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI setelah memenangkan Pemilihan Umum pada Pilpres 2019 mengalahkan pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Pada Pilpres 2019 Jokowi-Ma’ruf Amin meraih suara 85.607.362 atau 55,5 persen. Sedangkan Prabowo-Sandi 68.650.239 atau 45,5 persen.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar