Jerome Polin Sijabat Motivasi Anak-anak Muda Medan

Jerome Polin Sijabat Motivasi Anak-anak Muda Medan

Jerome Polin Sijabat saat memaparkan materinya diacara Creative Talk di Medan, Minggu (1/9)

Minggu, 1 September 2019 | 11:28

Analisadaily (Medan) – Era teknologi seperti sekarang ini, ada banyak sesuatu yang dapat dilakukan untuk berkontribusi demi kemajaun diri ataupun bangsanya sendiri. Misalnya memanfaatkan platform internet, YouTube, untuk berbagi ilmu pengetahuan kepada banyak orang.

Hal inilah yang dilakukan YouTuber terkenal bernama Jerome Polin Sijabat. Pria kelahiran Jakarta, 2 Mei 1998, ini mulai aktif di jagat maya sejak 2017 dan sudah mendapatkan hadiah dari YouTube karena akunnya diakses jutaan pengunjung.

Pada tahun 2016, Jerome menerima beasiswa dari Mitsui Bussan dan sekarang sedang menjalani pendidikan SI di Universitas Wasenda Jepang dan memperdalam ilmu Matematika dan Pendidikan.

Berbagi pengalaman menjadi YouTuber, juara satu Olimpiade National Industrial Engineering di Institut Teknologi Surabaya, ini memberi motivasi kepada tiga ratusan anak-anak muda dalam acara 'Creative Talk with Jerome Polin Sijabat' di Medan, Sabtu (31/8).

Hadir dalam acara ini tidak hanya anak-anak muda di Medan, tapi juga ada yang datang dari luar Kota Medan, seperti Tebing Tinggi dan Pematang Siantar. Tidak itu saja, pesertanya juga bukan hanya pelajar Sekolah Menengah Atas, mahasiswa, bahkan kegiatan ini juga dihadiri para orang tua.

Pada kesempatan ini, Jerome menceritakan bagaimana dirinya mengejar cita-cita yang tentunya mendapat banyak hambatan-hambatan. Dihadapan para peserta, ia mengatakan, bila mempunyai suatu tujuan atau mimpi, mau tidak mau, harus memaksakan diri untuk belajar.

“Berusaha, meskipun tantangannya besar dan banyak godaan. Ketika saya punya mimpi, itu juga yang membentuk saya dan karena itu saya mengekejarnya. Namun, banyak orang yang punya mimpi, tapi lupa melakukan sesuatu untuk mencapainya. Jadi, itu sama saja tidak ada, dan itu akan terus jadi mimpi, tidak akan pernah kenyataan,” ujar Jerome.

Berbicara mengenai aktivitasnya di YouTube. Awalnya ia sangat resah karena menonton atau melihat posting-an yang kurang mendidik atau tidak memberikan contoh yang baik. Menyaksikan keadaan itu, muncul lah keinginannya untuk membuat akun yang bertujuan memberikan edukasi kepada orang-orang.

Ia yakin, apabila orang-orang terus menerus melihat posting-an yang tidak mendidik, Indonesia mau jadi apa ke depannya. Apalagi anak-anak yang belum bisa membedakan mana yang baik atau tidak.

“Saya berpikir seperti itu. Setelah itu, saya punya mimpi untuk berkontribusi bagi pendidikan dari YouTube. Jadi, dari mimpi menuju tindakan. Mencapai mimpi ini, yang perlu kita perhatikan adalah tidak ada yang instan. Kita mulai dari modal sendiri dan bantuan dari orang lain untuk promosi. Kemudian konsisten melakukan hal-hal itu, posting dan menjawab-jawab pertanyaan dari pengunjung. Akhirnya, saya dapat verifikasi akun dari Line,” tuturnya.

Tiga ratusan peserta mengikuti Creative Talk with Jerome Polin Sijabat di Medan, Sabtu (31/8)

Tiga ratusan peserta mengikuti Creative Talk with Jerome Polin Sijabat di Medan, Sabtu (31/8)

Sehingga, Jerome melanjutkan ceritanya, setelah 2017, ia sudah banyak mendapat kerjasama dengan ivent-ivent besar. Dari prose situ, ia memberitahukan, tidak ada yang langsung menjadi besar.

“Mari kita mulai dari hal kecil, namun dilakukan secara konsisten. Orang-orang sukses atau besar yang saya baca, mereka itu memulainya dari kecil, tapi dikerjakan dengan konsisten,” ujara Jerome, yang juga pernah juara dua Olimpiade Farmasi Nasional UNAIR 2015.

Dala konten YouTube yang sering ia tampilkan mengenai tanya jawab seputar mata pelajaran Matematika. Pertama-tama memang tidak banyak yang tertarik. Ada sekitar delapan bulanan, paling banyak itu, lanjutnya, sekitar 10.000-an pengunjung.

“Tidak instan atau langsung naik tinggi. Saya tidak melakukan sesuatu yang luar biasa, yang orang lain tidak bisa mengerjakan. Saya mengerjakan yang biasa, yang semua orang bisa melakukannya. Hanya saja, dikerjakan terus-terusan untuk mencapai tujuan,” sambungnya.

Diakhir diskusinya, penulis buku ‘Plan Your Future, Find Your Passion’ ini mengajak anak-anak muda di Kota Medan untuk mencoba dan terus belajar, serta memperluas pertemanan dengan orang banyak.

Tiga ratusan peserta mengikuti Creative Talk with Jerome Polin Sijabat di Medan, Sabtu (31/8)

Tiga ratusan peserta mengikuti Creative Talk with Jerome Polin Sijabat di Medan, Sabtu (31/8)

“Silakan dicoba, setelah itu belajar terus, dan jangan lupa berteman dengan banyak orang dan bangun koneksi. Untuk mencapai mimpi, memang banyak yang harus kita korbankan, misalnya kegiatan yang biasa kita kerjakan, namun kurang bermafaat besar, harus ditinggalkan. Dan itu, sudah saya buktikan, itu nyata, kita harus mengorbankan yang baik demi yang terbaik,” ucapnya dan mendapat sambutan tepuk tangan dari peserta.

Salah satu peserta yang hadir, Agnes Tarigan mengatakan, kegiatan ini sangat bermafaat karena menambah ilmu pengetahuan dan paling terutama adalah menimbulkan motivasi di dalam diri sendiri.

“Kegiatan ini selain memotivasi, juga membukakan pikiran untuk melakukan hal-hal yang produktif. Dan kalau saya sendiri, kedepan yang perlu dilakukan membuat perencanaan terlebih dahulu, misalanya menyelesaikan studi, lalu bekerja,” kata Agnes, yang merupakan Mahasiswa tingkat akhir di Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara.

Hal serupa disampaikan Kerin Tarigan, yang menilai, bahwa Creatie Talk ini menarik karena seorang anak muda bisa memberikan motivasi kepada sesama anak muda untuk berpikir, bagaimana kedepannya atau menemukan passion-nya.

“Pastinya termotivasi karena mengajak untuk berpikir apa yang akan kita lakukan untuk menemukan passion sendiri. Jarang soalnya, ada seorang anak muda yang masih kuliah, dan studinya di luar negeri mau memberikan motivasi seperti ini,” kata Kerin yang juga merupakan mahasiswa di Universitas Sumatera Utara.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar