Jepang Usul Kerja Sama Soal Hak Paten Terkait Kekayaan Intelektual Indonesia

Jepang Usul Kerja Sama Soal Hak Paten Terkait Kekayaan Intelektual Indonesia

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (KI) Aidir Amin Daud bersama Menteri Kehakiman Jepang, Yoko Kamikawa, berencana menggelar kerja sama bantuan peningkatan pemeriksaan dan penegakan hukum KI di Indonesia. (Istimewa)

(rel/rzp)

Sabtu, 9 September 2017 | 19:05

Analisadaily (Jakarta) - Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (KI) Aidir Amin Daud mengatakan, Pemerintah Jepang diwakili Menteri Kehakiman Jepang, Yoko Kamikawa, berencana menggelar kerja sama bantuan peningkatan pemeriksaan dan penegakan hukum KI di Indonesia.

“Kerja sama tersebut terkait rencana membangun mekanisme pelatihan dan pendidikan bagi pemeriksa KI,” katanya, seperti pernyataan resmi diperoleh Analisadaily.com, Sabtu (9/9).

Aidir melanjutkan, bantuan Jepang dalam bidang KI tidak sampai di situ saja. Jepang juga akan memberikan bantuan meningkatkan pelayanan aduan di Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa Ditjen KI, serta membentuk Working Group yang melibatkan pemegang KI dan asosiasi terkait Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

“Hal itu tentu sangat berguna untuk meningkatkan kualitas pemeriksaan permohonan KI di Indonesia,” ucapnya lagi.

Aidir yang mewakili Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly mengatakan, pihak Kemenkumham menerima banyak manfaat atas terjalinnya kerja sama tersebut. Bahkan, kerja sama oleh kedua negara sudah terjalin sejak 3 Agustus 2015 silam.

“Mudah-mudahan kerja sama ini dapat berlanjut di masa yang akan datang,” ujarnya.

Sebelumnya, Yoko Kamikawa menanggapi kerja sama dengan Indonesia dalam bidang KI  adalah proyek kerja sama yang dapat digunakan dan disebarkan di dalam maupun di luar negeri. Kerja sama yang akan berjalan itu dinilainya bermanfaat baik bagi kedua negara.

Tak ayal, Pemerintah Indonesia bersama Pemerintah Jepang juga sudah melakukan kerja sama di bidang paten. Semisal, memberikan program seminar dan pelatihan tentang Patent Prosecution Highway (PPH) kepada pemeriksa paten dan konsultan KI di Indonesia. Jepang telah mengirimkan tenaga ahli ke Indonesia supaya dapat membantu dalam program tersebut.

“Untuk berbagi hasil penelusuran dan pemeriksaan paten dengan kantor paten lainnya, supaya pemeriksaan paten lebih cepat dan efisien,” ucap Yoko dalam kunjungannya, saat bertemu Plt Direktur Jenderal KI, Aidir Amin Daud, di Ruang Soepomo, Gedung Sekretariat Jenderal Kemenkumham, Jumat (8/9) kemarin.

(rel/rzp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar