Jelang Sahur, Listrik Padam di Sebagian Wilayah Sumut

PLN: Ada Kerusakan Pada Beberapa Pembangkit Listrik

Jelang Sahur, Listrik Padam di Sebagian Wilayah Sumut

llustrasi

(jw/eal)

Kamis, 9 Mei 2019 | 08:26

Analisadaily (Medan) - Pemadaman listrik masih terjadi di bulan suci ramadan. Bahkan menjelang sahur hari keempat puasa, listrik padam di sebagian besar wilayah Sumatera Utara, Kamis (9/5) dini hari.

Pemadaman terjadi sejak pukul 02.55 WIB. Tidak sedikit warga yang meluapkan kekesalannya atas insiden pemadaman listrik ini di media sosial. Mereka menyesalkan tindakan PT PLN yang memadamkan listrik saat masyarakat hendak makan sahur.

Terkait pemadaman ini, Manager Komunikasi PLN UIW Sumatera Utara, Rudi Artono, mengatakan ada kerusakan yang terjadi pada beberapa sistem kelistrikan pembangkit tenaga listrik Sumatera Bagian Utara.

"Setelah diselidiki, kerusakan terjadi pada Current Transformer (CT), peralatan yang mengubah besaran arus dari besar ke kecil ataupun sebaliknya sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan, dengan arus 150kV," kata Rudi kepada Analisadaily.com.

Rudi mengungkapkan bahwa beberapa pembangkit seperti PLTU Nagan Raya 1 dan 2, PLTU Pangkalan Susu 2, PLTGU Belawan, ST 2.0, PLTG Marine Vessel Power Plant dan Belawan, serta PLTD AKE mengalami trip atau padam sehingga harus dilakukan recovery dengan waktu yang cukup lama.

"Sedang dilakukan pemulihan bertahap, mohon maaf jika waktu sahur menjadi terganggu," ungkapnya

Rudi juga menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan pemulihan mulai pukul 03:26 WIB pada Pembangkit Listrik Island Inalum yang sudah sinkron dengan Subsistem SBU serta pada pukul 03:44 WIB semua Gardu Induk di Aceh sudah recover dan dapat beroperasi kembali.

"PLN berupaya cepat dalam memulihkan sistem kelistrikan di Sumbagut dan PLN meminta maaf atas ketidaknyamanan dalam penggunaan listrik di waktu subuh ini. Diharapkan sebelum beraktivitas pagi, seluruh sistem kelistrikan Sumbagut bisa pulih kembali," jelasnya.

"Kepada pelanggan dapat mengakses komunikasi PLN melalui Contact Center PLN 123 menjadi garda depan bagi PLN untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung melalui sistem online selama 7x24 jam yang dapat diakses melalui telepon: 123," imbau Rudi.

(jw/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar