Jelang Pilkada 2018, Ulama Imbau Jaga Kerukunan Umat

Jelang Pilkada 2018, Ulama Imbau Jaga Kerukunan Umat

Ketua Umum MUI Sumut, Abdullah Syah

(aa/eal)

Kamis, 14 September 2017 | 15:51

Analisadaily (Medan) - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018 juga dirasakan oleh masyarakat Sumatera Utara. Sebab, Sumut akan menggelar Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub).

Selain Pilgubsu, 8 kabupaten/kota di Sumut juga akan menggelar Pilkada, yakni Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Langkat, Kabupaten Batubara, Kabupaten Padang Lawas, Kabupaten Padang Lawas Utara, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Dairi dan Kota Padang Sidempuan.

Mendekati rangkaian pesta demokrasi tersebut, seluruh pemeluk agama di Indonesia, khususnya Sumut, diharapkan tetap menjaga kerukunan antar umat beragama. Demikian disampaikan Ketua Umum MUI Sumut, Abdullah Syah.

"Apalagi bapak presiden kemarin sudah meminta para ulama agar membantu untuk menjaga itu (kerukunan umat). Kepada seluruh umat beragama diharapkan menjaga kerukunan, keamanan dan ketentraman," imbau Abdullah, Kamis (14/9).

Ia juga meminta agar masyarakat Sumut jangan terpecah belah meski memiliki pilihan yang berbeda saat Pilkada.

"Menjaga kerukunan antar umat beragama itu sangat penting demi keutuhan NKRI. Oleh karena itu kami mengajak semua komponen masyarakat untuk membantu mensukseskan pemilu dan jangan golput," tandasnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sumut, Affifudin Lubis. Ia mengimbau agar umat beragama jangan membawa isu SARA dalam pilkada.

"Apalagi belum lama ini ada kelompok seperti saracen. Maka dari itu diminta kepada seluruh umat jangan mudah terprovokasi dan jangan mudah diadu domba terkait SARA, demi menjaga semangat persatuan dan kesatuan," tuturnya.

(aa/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar