Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Kota Medan ‘Melompat’

Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Kota Medan ‘Melompat’

Pedagang daging sapi di Pusat Pasar Medan, Senin (3/6)

(jw/csp)

Senin, 3 Juni 2019 | 13:00

Analisadaily (Medan) – Menjelang Lebaran 2019, sejumlah kebutuhan pokok rumah tangga mengalami kenaikan, seperti cabai merah, dan daging sapi.

"Harga daging naik Rp 20 ribu dari harga sebelumnya sebesar Rp 110 ribu per kilogram, dan sekarang sudah dikisaran Rp 120-130 per kilogram," kata salah seorang pedagang daging di Pusat Pasar Medan, Iwan Syahputra, Senin (3/6).

Iwan mengungkapkan, kenaikan ini terjadi karena permintaan konsumen melonjak. "Memang, menjelang lebaran permintaan daging sapi naik dua kali lipat dari biasanya," ujarnya.

Tidak hanya di Pusat Pasar Medan, lompatan harga daging sapi di Pasar Sei Sikambing juga terjadi sebesar Rp 120 ribu per kilogram.

Di Pasar Bakti harga daging sapi Rp 130 ribu per kilogram, dan di Pasar Simpang Limun harga daging sapi Rp 130 per kilogram yang sebelumnya Rp 110 ribu per kilogram.

“Jika dibanding tahun lalu, kenaikan harga daging sapi tahun ini relatif lebih rendah. Tahun lalu, harga daging sapi sempat menembus level Rp150 ribu per kilogram,” tambah Iwan.

Sebelumnya diberitakan, harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan mengalami lonjakan yang signifikan menjelang perayaan hari besar Idul Fitri 1440 Hijriah.

Berdasarkan pantauan Analisadaily.com, seperti di Pusat Pasar Medan, harga cabai merah mengalami kenaikan dari Rp 50 ribu per kilogram menjadi Rp 90-100 ribu per kilogram.

M Siburian, salah seorang pedagang di Pusat Pasar Medan mengatakan, kenaikan harga cabai merah sudah mulai terjadi sejak sepakan lalu.

"Sudah seminggu lalu naik ini bang harga cabai merah. Dari Rp 40-50 ribu per kilogram sekarang Rp 90-100 ribu per kilogram," kata M Siburian saat ditemui di lapak dagangannya, Senin (3/6).

Sejak sepekan terakhir, harga cabai merah di Pusat Pasar berangsur naik mulai H-4 dan H-3 Lebaran bertengger di level Rp 65 ribu hingga Rp 68 ribu per kilogram. Harga kemudian melonjak signifikan pada H-2 dan menyentuh level Rp 90-100 ribu per kilogram.

"Katanya barang yang di Pasar Induk terbatas dan tidak banyak yang masuk," ungkap Siburian.

Tidak hanya di situ, di Pasar Sei Sikambing harga cabai merah dari Rp 50 ribu per kilogram naik menjadi Rp 80 ribu per kilogram.

Begitu juga di Pasar Bakti harga cabai dari Rp 50 ribu per kilogram naik jadi Rp 96 per kilogram. Dan, di Pasar Simpang Limun mengalami kenaikan dari Rp 40 ribu jadi Rp 80-85 per kilogram.

"Cuma harga cabai merah yang naik. Kalau yang lainnya, seperti cabai rawit masih tetap, yaitu Rp 50 per kilogram dan cabai hijau Rp 40 per kilogram," tutur Ayu pedagang cabai di Pasar Bakti Medan.

(jw/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar