Jelang HBKN, Harga ‘Bapok’ di Sumut Aman Terkendali

Jelang HBKN, Harga ‘Bapok’ di Sumut Aman Terkendali

Badan Ketahanan Pangan Kementan dan Kementrian Perdagangan meninjau gudang Bulog unit pengolahan Pulo Brayan Darat l, Jalan Mustafa, Medan Timur, Selasa (12/12)

(jw/csp)

Selasa, 12 Desember 2017 | 17:43

Analisadaily (Medan) - Badan Ketahanan Pangan Kementan dan Kementrian Perdagangan berkomitmen menjaga stabilitas harga dan pasokan barang kebutuhan pokok (bapok) menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) seperti Natal dan Tahun Baru 2018.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan, Agung Hendriadi mengatakan, mereka melakukan pengecekan Gudang Bulog untuk menjamin ketersediaan stok bahan pokok menjelang HBKN.

"Untuk ketersedian bahan kebutuhan pokok di Sumatera Utara aman," katanya saat meninjau gudang Bulog unit pengolahan Pulo Brayan Darat l, Jalan Mustafa, Medan Timur, Selasa (12/12).

Agung menjelaskan, secara nasional hampir semua 11 komoditas strategis sudah di penuhi. Kekurangan hanya di kedelai dan daging sapi yang akan di tutupi melalui impor. Namun, khusus untuk kebutuhan gula di bulan ini tidak akan ditambah, sebab stok bulan sebelumnya masih mencukupi.

"Mungkin nanti tinggal memperbaiki bagaimana cara distribusi, harga dan lainnya, agar tidak terjadi kelangkaan kebutuhan pokok di pasaran. Seperti misalnya menetapkan harga eceran tertinggi. Pedagang dan produsen harus bekerja sama untuk menjaga kestabilan. Distribusi jangan di mainkan, kalau ada yang bermain-main jelas sudah ada sanksinya," jelasnya.

"Yang pastinya kita jamin ketersediaan aman, distribusi lancar, harga terkendali dengan harga eceran tertinggi," ungkapnya.

Selain itu, Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kementrian Perdagangan, Kasan menambahkan, dengan adanya jaminan pasokan dan ketersediaan stok distribusi juga pasti akan amankan.

"Dengan keadaan stok yang memadai,  Insya Allah kebutuhan untuk Natal dan Tahun Baru aman. Bahkan sampai lewat Tahun Baru," tambah Kasan.

(jw/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar