Jaringan Ramli Gunakan Satelit Untuk Komunikasi

Jaringan Ramli Gunakan Satelit Untuk Komunikasi

Sejumlah alat komunikasi yang digunakan jaringan Ramli dalam transaksi narkoba

(jw/eal)

Kamis, 24 Januari 2019 | 21:37

Analisadaily (Medan) - Dalam melancarkan aksinya, Ramli yang merupakan narapidana di dalam Lapas Tanjung Gusta Medan menggunakan komunikasi satelit untuk transaksi narkotika.

"Jadi, komunikasi satelit ini digunakan jaringan Ramli pada saat hendak menjemput atau mengantar barang haram itu ke laut," kata Deputi Bidang Pemberantasan BNN RI, Irjen Pol. Arman Depari di Kantor BNNP Sumut, Kamis (24/1).

Arman mengungkapkan bahwa komunikasi satelit digunakan karena sinyal yang ada di laut terutama di perbatasan Indonesia dan Malaysia relatif sulit.

"Karena di laut itu makanya mereka menggunakan satelit, apalagi perbatasan tidak ada sinyal sehingga menggunakan komunikasi satelit sangat mudah untuk menentukan lokasi transaksi," ungkapnya.

Terkait penggunaan komunikasi di dalam Lapas, Arman menegaskan bahwa hal tersebut akan mereka koordinasikan dengan pihak-pihak terkait.

"Banyak cara mereka untuk mengelabui petugas bahkan mereka bisa menggunakan komunikasi di dalam. Selain itu modus mereka juga ketika mengunjungi tersangka. Nah dengan itu mereka bisa bertransaksi," ucap Arman.

"Oleh karena itu akan menjadi perhatian kita, terutama komunikasi di Lapas berupa alat komunikasi atau handphone," pungkasnya.  

(jw/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar