Investasi PLN di Sumatera Capai Rp 120 Triliun

Investasi PLN di Sumatera Capai Rp 120 Triliun

Direktur Bisnis Regional Sumatera, Wiluyo Kusdwiharto (dua kiri).

(jw/rzd)

Selasa, 6 Februari 2018 | 11:49

Analisadaily (Medan) - PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero terus meningkatkan kualitas pelayanannya terhadap pelanggan. Terbukti, PLN mampu menorehkan investasi yang menembus angka Rp 120 triliun untuk bagian Sumatera.

Hal tersebut diutarakan langsung oleh Direktur Bisnis Regional Sumatera, Wiluyo Kusdwiharto, saat melakukan kunjungan kerja di PLN Sektor Pandan dan Sektor Labuhan Angin. Disebutkan, investasi harus dimanfaatkan untuk terus melakukan pembangunan infrastruktur kelistrikan.

"Kita ingin kelistrikan makin andal. Kita bisa membangun proyek pembangkit dan menjual serta meningkatkan kualitas pelayanan PLN kepada masyarakat," katanya, Selasa (6/2).

Wiluyo menjelaskan, harapan pemangku kepentingan, PLN bisa meminimalisir angka Hidden Capacity sampai 10 persen. Di sisi pelayanan, dirinya juga meminta PLN Wilayah Sumut bisa melakukan peningkatan. Apalagi pada tahun ini akan diresmikan transmisi 275 dan 500 kV.

"Saya meminta agar para manajer sektor PLN bisa meningkatkan Equivalent Availability Factor (EAF). Itu artinya, kesiapan unit pembangkit harus diperhatikan. Nilai EAF ditentukan oleh perbandingan yang didapat dari kesiapan pembangkit untuk beroperasi (baik dalam kondisi stand by ataupun operasi) dibagi terhadap waktu," jelasnya.

Wiluyo juga meminta agar angka EFOR (Equivalent Forced Outage Rate) bisa menurun. EFOR adalah presentase nilai dari jumlah jam gangguan pembangkit keluar sistem atau derating akibat gangguan paksa.

"Supaya pelanggan kita tidak komplain terhadap pemadaman, yang mana seringkali PLN Wilayah Sumut yang dapat komentar pedas," ungkapnya.

PLN Wilayah Sumut diimbau memperhatikan Biaya Pokok Penyediaan agar penjualan mencapai keuntungan. Karena, selama ini yang sudah mencapai keuntungan hanya lima daerah, Distribusi Jakarta, Distribusi Banten, Distribusi Jawa Barat, Distribusi Jawa Timur dan Distribusi Bali.

General Manager PLN Pembangkit Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Bambang Iswanto menjelaskan gambaran pembangkit PLN saat ini. Energi terbaru sedang dikembangkan dan berharap PLN Wilayah Sumut bisa bersinergi untuk menjual daya yang sudah surplus di sistem kelistrikan Sumbagut.

"PLN Wilayah Sumut sebagai Marketing Agent atau Agen Pemasaran diharapkan mampu menjual listrik kita yang sudah tersedia dan surplus, dengan Area dan Rayon sebagai ujung tombak," pungkas Bambang.

(jw/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar