Ini Dia Jeruk Super Asal Payakumbuh

Ini Dia Jeruk Super Asal Payakumbuh

Jeruk Super asal Payakumbuh beratnya bisa mencapai 8 kilogram per buah, Jumat (18/12)

(jw/jpp)

Jumat, 18 Desember 2015 | 18:23

Analisadaily (Medan)-Buah jeruk yang biasanya berukuran seperti bola kasti sering kita temukan di pasar-pasar atau di supermarket. Berbeda dengan buah jeruk seperti biasanya. Buah jeruk asal Payakumbuh Sumatera Barat ini berukuran sangat besar, beratnya mencapai 8 kilogram per buahnya.

Anuar (55) penjual bibit buah super ini, ketika ditemui di pelataran Masjid Raya Al Mashun, Jumat (18/12) mengatakan bahwa bibit-bibit pohon jeruk ini diambilnya langsung dari Payakumbuh, Sumatera Barat.

"Awalnya pohon ini tumbuh subur di belakang rumah saya, saya lihat pohon jeruk ini berbeda. Buahnya besar, bahkan melebihi ukuran buah jeruk bali,” katanya.

Mantan pegawai Dinas Pertanian ini langsung merawat dan membudidayakan jeruk ini agar terus terawat dan lestari dengan mencangkok dan menanamnya kembali di belakang rumahnya.

"Bibit ini saya cangkok dari Payakumbuh, kemudian saya jual disini. Harga pohon jeruk ini juga bervariasi dari harga 30 ribu sampai 50 ribu rupiah," tandas Anuar.

Pada 1988, saya pernah memanen jeruknya dengan berat 11,5 kilogram, itu adalah jeruk pertama yang paling besar saat dipanen.

Banyak orang yang memesan bibit pohon jeruk raksasa kepadanya untuk ditanam di rumah, karena perawatannya sangat mudah. Dalam jangka waktu 2 tahun sudah bisa dipanen dengan berat rata-rata 7 sampai 8 kilogram per buah.

“Saya penasaran dengan bibit pohon jeruk yang di jual. Karena buahnya bisa besar sampai 8 kilogram per buah makanya saya beli untuk ditanam di rumah,” kata salah seorang pembeli, Safi'i.

Sudah puluhan tahun Anuar berjualan bibit pohon jeruknya. Bahkan dari luar kota juga banyak yang memesan seperti dari Aceh dan Langkat.

(jw/jpp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar