Ini Ciri-ciri Sabun Palsu dari Pabrik KW

Ini Ciri-ciri Sabun Palsu dari Pabrik KW

(dtc)

Selasa, 9 Juni 2015 | 06:19

detikNews - Jakarta, Jajaran Polres Jakarta Utara mengungkap satu unit ruko yang digunakan untuk industri rumah tangga. Sayangnya, pabrik rumahan itu memproduksi sabun kecantikan palsu bermerek 'Temulawak Transparant Whitening Beauty Soap'.

Polisi menggerebek ruko yang berada di Perumahan Villa Kapuk Mas Blok F7 No 12A, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (8/6/2015) malam. Pemilik pabrik itu adalah KW alias A yang kini mendekam di balik jeruji besi kantor polisi.

Sabun yang dibuat oleh 9 pegawai KW memiliki ciri-ciri berwarna oranye transparan, berbentuk oval dan mengeluarkan wangi parfum yang sangat menyengat. Beragam jenis kimia digunakan untuk membuat sabun tak berizin BPOM itu, seperti coustik soda, stearic acid, parfum, proplin grikol, pewarna dan minyak goreng.

Pabrik rumahan itu mampu memproduksi 1.000 batang per hari dengan omzet puluhan juta rupiah. Polisi pun mengingatkan masyarakat untuk menjadi konsumen produk kecantikan yang cerdas dengan cara melihat tanda izin BPOM yang tertera pada kemasan.

‎"Kepada masyarakat, khususnya para perempuan yang ingin membeli barang kosmetik, agar memperhatikan bahan-bahan yang tertera di kemasan serta memperhatikan apakah ada izin edar kosmetik dari BPOM dan Dinas Kesehatan atau tidak," ujar Kasat Reskrim Polres Jakarta Utara AKBP Azhar Nugraha di lokasi ruko tersebut.

KW dijerat oleh UU Kesehatan, UU Perdagangan, UU Perindustrian dan UU Perlindungan Konsumen untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Diduga KW telah memasarkan produknya ke tengah masyarakat.

"Sudah diperjualbelikan di sekitar Asemka, Jakarta Barat," ucap Azhar. (vid)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar