Inflasi Sumut 2019 Meningkat Dari Tahun Lalu

Inflasi Sumut 2019 Meningkat Dari Tahun Lalu

Kepala BI KPw Sumut, Wiwiek Sisto Widayat

(rzp/eal)

Senin, 8 Juli 2019 | 17:06

Analisadaily (Medan) - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sumatera Utara (BI KPw Sumut) memprediksi besaran inflasi Sumatera Utara sepanjang tahun 2019 lebih tinggi dari 2018, bahkan berada di rentang atas sasaran inflasi nasional.

Menurut Kepala BI KPw Sumut, Wiwiek Sisto Widayat, hal itu dikarenakan dampak kenaikan harga kelompok bahan makanan. Inflasi Sumut di 2019 diperkirakan 4,15 hingga 4,55 persen dari 2018 yang bisa ditekan hanya 1,23 persen.

"Prediksi itu mengacu pada data hingga Juni. Inflasi Sumut secara year to year sudah mencapai 4,30 persen. Secara nasional, inflasi tahun 2019 diproyeksikan hanya 3,5 plus minus satu persen," kata Wiwiek di Medan, Senin (8/7).

Diterangkan Wiwiek, inflasi di Sumut yang tinggi didorong naiknya harga kelompok bahan makanan, khususnya komoditas hortikultura karena tren-nya meningkat seiring permintaan yang tinggi di berbagai daerah.

Kemudian, lanjutnya, peningkatan permintaan atau konsumsi juga menjadi salah satu faktor utama yang akan memengaruhi kenaikan inflasi Sumut di tahun 2019. Kelompok transportasi juga menyumbang besaran inflasi.

"Tim Pengendali Inflasi Daerah atau TPID Sumut terus berupaya menekan angka inflasi," sebutnya.

Wiwiek berharap rencana pelaksanaan ketersediaan pasokan stabilisasi harga yang dilakukan Badan Urusan Logistik (Bulog) sepanjang tahun diharapkan bisa menekan inflasi. Termasuk pasar murah saat Natal dan Tahun Baru, seperti yang dilakukan TPID saat Ramadan.

"Penetapan Harga Eceran Tertinggi)m atau HET yang sudah dilakukan pemerintah pada komoditas tertentu, seperti gula pasir, membantu menjaga kestabilan harga," ungkapnya.

Wiwiek mengakui, ada kekhawatiran terjadi fluktuasi harga pangan yang dipengaruhi panen raya. Kemudian juga dipengaruhi oleh tinggi rendahnya curah hujan dan kelancaran distribusi.

"Walau hal itu sudah terus ditangani TPID," tandasnya.

(rzp/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar