Inalum Berikan Beasiswa Sekaligus Pelatihan Kepemimpinan Bagi Mahasiswa

Inalum Berikan Beasiswa Sekaligus Pelatihan Kepemimpinan Bagi Mahasiswa

Pelatihan kepemimpinan (Ist)

(rel/rzd)

Jumat, 20 September 2019 | 11:01

Analisadaily (Medan) – Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) kembali menunjukkan kepeduliannya dalam sektor pendidikan. Sekitar 100 mahasiswa dari 3 Perguruan Tinggi Negeri, yakni Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Negeri Medan (Unimed), dan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) diberikan latihan kepemimpinan.

Tema kegiatan ‘Inalum Leadership Camp I Batch 1’ digelar di Raz Residence, Medan, Sumut. 100 mahasiswa tersebut adalah para penerima beasiswa Inalum yang dikelola Yayasan Karya Salemba Empat. Acara dibuka Direktur Eksekutif Pengembangan Bisnis Inalum, Dante Sinaga, dan Ketua Dewan Pengurus Yayasan Karya Salemba Empat, Marsangap P. Tamba.

Selama delapan hari pada tanggal 18 hingga 25 September 2019 para peserta akan menerima materi yang meliputi pengembangan karakter, personal grooming, teknik berkomunikasi, disiplin, perencanaan bina desa, sosial kemasyarakatan, wawasan kebangsaan, dan bela negara.

“Kali ini materi akan ditekankan pada aspek implementasi, dan tentunya ini akan memberikan gambaran lebih mendalam bagi mahasiswa bagaimana memacu dirinya untuk menjadi pemimpin yang berkualitas,” kata Marsangap, Jumat (20/9).

Dante Sinaga mengatakan, salah satu resources yang menjadi kekuatan besar bagi bangsa Indonesia adalah sumber daya manusia, salah satunya mahasiswa. Generasi muda perlu diberikan kesempatan lebih luas untuk mengembangkan dirinya.

“Ini penting, mengingat dalam lima hingga sepuluh tahun ke depan mereka akan menjadi pemimpin yang produktif dalam membangun Indonesia,” ujarnya.

Dante mengungkapkan, melalui Program Beasiswa Inalum, pihaknya berharap akan lahir generasi unggul, memiliki integritas, cerdas, berwawasan kebangsaan dan yang tak kalah pentingnya adalah memiliki jiwa sosial kemasyarakatan.

Selain materi-materi yang akan diberikan oleh para profesional trainer, para peserta juga berkesempatan untuk melakukan site visit ke Kantor Pusat dan Pabrik Peleburan Inalum di Kabupaten Batu Bara.

“Hal ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada para mahasiswa mengenal dunia kerja serta budaya kerja, sehingga mereka siap dalam berkarier di dunia pasca kampus nantinya,” ungkap Dante.

Yayasan Karya Salemba Empat membuka kesempatan lebih luas lagi bagi mahasiswa S1 yang memiliki keterbatasan ekonomi untuk memperoleh beasiswa. Saat ini telah bekerjasama dengan 32 Perguruan Tinggi Negeri dari Sabang sampai Merauke.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar