Hujan Lebat, Bantaran Sungai Deli Banjir

Hujan Lebat, Bantaran Sungai Deli Banjir

Sejumlah anak bermain air akibat banjir di Medan Maimun, Jumat (5/4)

(jw/eal)

Jumat, 5 April 2019 | 15:06

Analisadaily (Medan) - Hujan lebat yang melanda Kota Medan, Kamis (4/4) malam, mengakibatkan banjir di sejumlah kawasan, terutama di sekitar bantaran Sungai Deli.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan menjelaskan, kawasan yang terendam banjir umumnya berada di Kecamatan Medan Maimun.

Koordinator Pusdalops BPBD Kota Medan, Muhammad Yunus, mengatakan bahwa hari Jumat (5/4) sekitar pukul 05.30 WIB di Lingkungan III dan IV, Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun, air dari Sungai Deli meluap.

"Saat ini situasi dan kondisi pemukiman warga yang terdampak banjir luapan Sungai Deli sudah surut lebih kurang 10 centimeter, cuaca berawan. Saat ini sebagian warga masih bertahan di rumah masing-masing," kata Yunus, Jumat (5/4) siang.

Sementara itu pukul 06.24 WIB, warga yang berada di Jalan Katamso Gang Merdeka, Lingkungan VIII dan IX, Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun, juga terkena dampak luapan Sungai Deli.

Banjir di Kacematan Medan Maimun

Banjir di Kecamatan Medan Maimun

"Saat ini situasi dan kondisi pemukiman warga yang terdampak luapan Sungai Deli sudah mengalami penurunan lebih kurang 140-100 centimeter, cuaca berawan dan warga masih bertahan di rumah masing-masing," sambung Yunus.

Tidak hanya Sungai Deli, BPBD juga memantau ketinggian debit air di aliran Sungai Babura pada pukul 06.22 WIB.

"Sungai Babura juga sempat mengalami kenaikan, namun perlahan mulai surut. Begitu juga Sungai Deli yang mulai mengalami penurunan. Saat ini kami terus memantau daerah rawan banjir," tukas Yunus.

(jw/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar