HIPMI Ajak Semua Pihak Gali Potensi Ekowisata Gunung Lubuk Raya

HIPMI Ajak Semua Pihak Gali Potensi Ekowisata Gunung Lubuk Raya

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Padang Sidempuan dan Pinus Tapanuli mendaki Gunung Lubuk Raya, Senin (23/4)

(rzp/csp)

Senin, 23 April 2018 | 21:56

Analisadaily (Sidimpuan) - Bertepatan pada Hari Bumi yang jatuh pada Minggu, 22 April 2018, rombongan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Padang Sidempuan dan Pinus Tapanuli mendaki Gunung Lubuk Raya.

Ketu BPC HIPMI Sidimpuan, Ikbal Harahap mengatakan, rombongan pendakian berjumlah 22 orang. Rombongan berangkat pukul 09.00 WIB dari Desa Sitaratoit, Tapanuli Selatan.

"Kita mencapai di ketinggian 1.300 MDPL sekitar pukul 12.30 WIB. Di sana kita istirahat dan makan siang. Setelah itu kita turun dan sampai desa pukul 17.00 WIB," kata Ikbal, Senin (23/4).

Disebutkannya, dalam perjalanan menuju lokasi pendakian HIPMI banyak menemukan potensi pertanian lokal yang mampu mendukung potensi ekowisata. Seperti minuman aren segar yang ada di sepanjang perjalanan.

"Ada juga banyak buah lokal seperti alpukat dan salak yang bisa dinikmati sepanjang perjalanan. Tentu ini sangat menarik bagi ekowisata," sebutnya.

Menurut Ikbal, potensi ekowisata dan potensi buah-buahan serta pertanian itu sangat bisa memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat sekitar. HIPMI akan mempromosikan Gunung Lubuk Raya sebagai destinasi ekowisata di Tapanuli Bagian Selatan.

"Dengan adanya pendakian ini, HIPMI berharap potensi Lubuk Raya bisa dioptimalkan sebagai destinasi wisata di Tabagsel," ungkapnya.

Selain itu, dengan semangat Hari Bumi, HIPMI juga mengajak anak-anak muda untuk lebih peduli mencintai alam dan menyadari bahwa Gunung Lubuk Raya sebagai warisan alam yang harus dijaga kelestariannya.

Ikbal berpandangan, pelestarian alam dan potensi wisata bisa berjalan beringan. Adanya bencana alam, kerusakan lingkungan, banjir, dan kebakaran hutan baginya karena tidak adanya kesamaan visi lingkungan dan ekonomi.

"HIPMI berharap itu tidak terjadi lagi ke depan. Lingkungan dan bisnis ekonomi harus beriringan dan sejalan," ujarnya.

HIPMI juga akan mengajak masyarakat, pemerintah, dan semua stakeholder untuk duduk bersama demi mengembangkan cetak biru pengembangan kawasan Gunung Lubuk Raya.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat HIPMI Pusat dan Provinsi akan kita ajak mengembangkan ekowisata Gunung Lubuk Raya," tandasnya.

(rzp/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar