Himbauan Lewat Control System, Dishub Medan: Cara Efektif

Himbauan Lewat Control System, Dishub Medan: Cara Efektif

Plt Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Medan, Renward Parapat, Selasa (19/3)

(jw/csp)

Selasa, 19 Maret 2019 | 19:09

Analisadaily (Medan) - Sistem tilang elektronik atau Electronik Traffic Law Enforcement (ETLE) yang telah diberlakukan beberapa daerah di Indonesia, Kota Medan kini masih menunggu kebijakan dari pusat.

Plt Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Medan, Renward Parapat mengatakan, penerapan ETLE yang telah dilakukan pada Desember 2018 lalu. Namun, untuk di Medan masih menunggu.

"Kita masih menunggu. Nanti kalau sudah pasti disampaikan ke Dirlantas Polda baru ke Wali Kota. Sejauh ini belum," katanya, Selasa (19/3).

Pihak Pemerintah Kota Medan terus melakukan peningkatan sarana dan prasarana, teramsuk CCTV yang dipasang di setiap persimpangan jalan protokol terutama padat arus lalu lintas.

Menurut Renward, Area Traffic Control System (ATCS) Kota Medan juga memberi imbauan kepada para pelanggar peraturan. Video-video imbauan yang unik juga diunggah ke media sosial. Cara ini cukup efektif memberikan efek jera kepada para pelanggar.

"Dengan adanya imbauan yang unik yang membuat pengguna kendaraan yang melanggar aturan akan di imbau melalui pengeras suara. Tapi, imbauannya yang tidak menyakiti orang lain," jelasnya.

Renward menambahkan, dengan melakukan sosialisasi di media sosial sangat efektif. "Cara seperti itu akan terus dilakukan sampai dampaknya benar-benar signifikan. Agar Kota Medan semakin teratur," tambahnya.

(jw/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar